• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Matraman

Dilantik, IPNU-IPPNU Trenggalek Bertekad Tumbuh seperti Pohon Kelapa

Dilantik, IPNU-IPPNU Trenggalek Bertekad Tumbuh seperti Pohon Kelapa
Ketua PC IPNU Trenggalek M Jalaludin Fajar Permadi saat acara pelantikan, Ahad (20/06/2021). (Foto: NOJ/MK)
Ketua PC IPNU Trenggalek M Jalaludin Fajar Permadi saat acara pelantikan, Ahad (20/06/2021). (Foto: NOJ/MK)

Trenggalek, NU Online Jatim

Kepengurusan Pimpinan Cabang Ikatan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) Trenggalek yang baru resmi dilantik pada Ahad (20/06/2021). Digelar di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Jatiprahu, Kecamatan Karangan, pelantikan digelar dengan tema Optimasi Pelajar untuk Organisasi Berkapabilitas, Sinergitas, dan Berintegritas.

 

Ketua IPNU kabupaten Trenggalek M Jalaludin Fajar Permadi mengatakan, mamusia yang ideal itu seperti pohon. Akar yang kuat dan batang yang tinggi menjulang ke langit. Ia mengambil contoh pohon seperti itu dengan pohon kurma dan kelapa. Nah, IPNU dan IPPNUbisa menjadi seperti dua pohon berakar kuar itu.

 

"Akar ibarat ideologis, sebagai IPNU secara ideologis harus kuat agar tidak mudah terpengaruh hal-hal yang berpotensi menjerumuskan kita ke dalam hal-hal negatif," ujar Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung itu.

 

Batang pohon mampu menjulang tinggi apabila memiliki akar yang kuat. Begitu pula dengan IPNU dan IPPNU, begitu memiliki akar atau ideology yang kuat, baru mengembangkan diri agar tumbuh tinggi dan maju.

 

"Tapi bukan tinggi dalam hal jabatan atau tinggi badan, namun intelektualitas kita harus tinggi," kata Jalaludin.

 

Tantangan kepengurusan baru adalah dalam meneruskan dan mengoptimalkan warisan kepengurusan sebelumnya. Bagaimana memberikan sentuhan dan inovasi dengan harapan bisa menjadi lebih baik.

 

Jalaludin menyampaikan, di tahun pertama kepemimpinannya IPNU, juga IPPNU, Trenggalek ingin lebih berfokus pada pendirian komisariat. Itu akan dimulai dari sekolah-sekolah tingkat menengah pertama (SMP/MTs), menengah atas (SMA/MA), kemudian perguruan tinggi.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru