• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Matraman

LPBI NU Ponorogo Sigap Bantu Warga Terdampak Banjir

LPBI NU Ponorogo Sigap Bantu Warga Terdampak Banjir
LPBI NU Ponorogo saat membantu warga terdampak banjir karena luapan air sungai. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)
LPBI NU Ponorogo saat membantu warga terdampak banjir karena luapan air sungai. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)

Ponorogo, NU Online Jatim

Hujan lebat yang melanda Kabupaten Ponorogo, Sabtu (27/11/2021) menyebabkan air sungai di wilayah Singosaren, Jenangan, Ponorogo meluap. Akibatnya, arus lalu lintas di Jalan Niken Gandini tergenang luapan air sungai, sehingga arus transportasi lumpuh.

 

Menanggapi hal itu, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Ponorogo langsung turun jalan mengatur lalu lintas dan memantau luapan air sekira tidak membahayakan.

 

Salah satu anggota LPBI NU Ponorogo, Ozi dengan sigap melakukan evakuasi. Ia turut bergabung bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, dan aparat setempat mengarahkan kendaraan untuk melintas di jalan yang aman.

 

Ozi mengatakan, hujan semenjak sore setelah Ashar hingga Isya' menyebabkan sungai di Singosaren depan Gudang Borang dan MI Ma'arif Singosaren meluap.  

 

"Luapannya hingga ke jalan Niken Gandini, yang merupakann jalur utama Jenangan menuju Ponorogo," katanya.

 

Ia mengungkapkan, intensitas air yang lumayan tinggi membuat proses evakuasi terjadi lambat. Pihaknya pun selalu memantau kondisi di lapangan untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

 

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir tersebut. Namun demikian, jalur transportasi warga dari arah Jenangan menuju Kota Ponorogo terganggu.

 

"Oleh karenanya, kami mengarahkan ke jalur alternatif, yakni ke jalan Ki Ageng Mirah," tandasnya.


Matraman Terbaru