• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

Cinta Lingkungan, Pelajar NU Mojokerto Tanam Pohon

Cinta Lingkungan, Pelajar NU Mojokerto Tanam Pohon
Aksi tanam pohon yang dilaksanakan PAC IPNU-IPPNU dan Pihak Sekolah SDN 1 Watesnegoro bersama Kepala Desa setempat di Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/ Yulia NH)
Aksi tanam pohon yang dilaksanakan PAC IPNU-IPPNU dan Pihak Sekolah SDN 1 Watesnegoro bersama Kepala Desa setempat di Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/ Yulia NH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Salah satu upaya untuk menjaga lingkungan yaitu dengan menanam pohon. Bahkan sejak dini, anak-anak perlu diajarkan kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan.
 

Seperti penanaman pohon di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Watesnegoro. “Adanya Diklatama di Desa Watesprojo ini kebetulan di SD kami yang jadi tempat. Maka kami beranikan diri untuk mengajak mereka sama-sama mencintai alam,” kata Kepala Sekolah SDN 1 Watesnegoro, Suwendah usai Pendidikan dan Pelatihan Pertama (Diklatama) III.
 

Diklatama tersebut diadakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Senin (27/12/2021).
 

Endah menyampaikan, pihaknya berkordinasi dengan Perhutani sebagai penyedia jenis-jenis pohon dengan mengajukan proposal untuk syaratnya serta perangkat sesa dan sekolah. 
 

“Ada 310 bibit di SD dan desa. Untuk jenis pohonnya ada Matoa, Nangka, Klengkeng, Sirsak, dan Jambu biji merah. Kami juga ingin perindangan untuk menangkal bau tidak sedap dari peternakan bebek milik warga,” ujarnya.
 

Endah berencana, kedepannya akan membelikan alat musik terbang atau hadrah untuk anak didiknya. Ini sudah lama menjadi angan-angannya tetapi belum terealisasi.
 

“Barang kali nanti bisa beli dan ada anak dari IPNU yang mengisi ekstra tersebut. kami akan senang sekali. Mohon doanya karena SD kami kecil hanya ada 90 siswa dan terletak diperbatasan,” harapnya.
 

Baginya, kader IPNU dan IPPNU adalah anak muda yang kreatif, dedikasinya sangat tinggi pada organisasi dan sangat inovasi.  
 

“Anak muda seperti itu sekarang jarang kita temukan. Kami sangat mengapresiasi Giat mereka, belajar disiplin sekaligus belajar cinta dan melestarikan alam,” pungkasnya.

  

Sementara itu, Ketua PAC IPNU Kecamatan Kemlagi, Moh Syarifudin berharap, kegiatan positif ini agar terus dilaksanakan dengan sinergis oleh kader-kader muda NU apalagi yang telah usai melaksanakan Diklatama ini. 
 

“Ini juga akan membentuk watak dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar,” tandasnya.


Editor:

Metropolis Terbaru