• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Metropolis

Guru TPQ di Gresik Gelar Donasi Peduli Semeru sembari Silaturahim

Guru TPQ di Gresik Gelar Donasi Peduli Semeru sembari Silaturahim
Penyerahan donasi untuk erupsi Semeru oleh Majelis Mualimil Qur'an Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik H)
Penyerahan donasi untuk erupsi Semeru oleh Majelis Mualimil Qur'an Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik H)

Gresik, NU Online Jatim

Banyak cara meningkatkan kepedulian bagi saudara yang tertimpa musibah erupsi Gunung Semeru. Seperti yang dilakukan guru Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) metode Qiroati Koordinator Kecamatan Dukun, Gresik. 

 

Pada kegiatan yang dikemas dengan Majelis Mualimil Qur'an (MMQ) yang merupakan wadah silaturahim para guru dan pengajar TPQ khusus metode qiroati dilakukan penggalangan dana.

 

Kegiatan tersebut melibatkan guru pengajar TPQ pembina se-Kecamatan Dukun dengan total berjumlah 361 orang. Kegiatan dipusatkan di aula pertemuan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dukun, Jalan Raya Mojopetung, Ahad (12/12/2021).

 

“Pada kegiatan ini juga diisi dengan donasi peduli erupsi Semeru,” kata Rofiul Umam dari Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama atau LAZISNU Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dukun.

 

Kordinator lapangan LAZISNU MWCNU Dukun tersebut mengatakan, sengaja menggelar donasi kemanusiaan untuk erupsi semeru dengan Guru TPQ se-Kecamatan Dukun.

 

“Dan alhamdulillah responsya luar biasa, padahal kegiatan ini termasuk mendadak alias spontan,” terangnya.

 

Rofiq menambahkan, donasi akan terus dilakukan ke semua warga NU baik banom dan lembaga pendidikan yang berafilisiasi dengan NU dan masyarakat umum. 

 

“Harapannya donasi bisa meringankan beban warga yang terdampak erupsi Semeru di Lumajang dan bermanfaat,” harapnya sembari menyebutkan berhasil menghimpun dana Rp.3.776.000,-.

 

Kegiatan MMQ merupakan bentuk silaturahim sekaligus evaluasi dan perbaikan dalam mengajar TPQ. Juga praktik secara langsung metode membaca Al-Qur'an secara benar dengan disimak antar anggota guru TPQ di satu majelis pertemuan. Acara juga untuk perbaikan dan penataan keadministrasian lembaga TPQ.

 

Tampak hadir KH Ahmad Thoyyib Mas'udi selaku Rais MWCNU sekaligus Ketua Korcam Amanah TPQ Kecamatan Dukun. Juga jajaran anggota lain, serta pengurus LAZISNU setempat. 

 

Editor: Syaifullah

 


Editor:

Metropolis Terbaru