• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

Kemenag Gresik Latih Pengelola Madrasah Praktik EDM-RKAM

Kemenag Gresik Latih Pengelola Madrasah Praktik EDM-RKAM
Pendampingan teknis pelaksanaan EDM RKAM oleh Kemenag Gresik di Kecamatan Dukun. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Pendampingan teknis pelaksanaan EDM RKAM oleh Kemenag Gresik di Kecamatan Dukun. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Sebagai wujud implementasi pada bimbingan tehnis (bimtek) Evaluasi diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM) yang sudah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu melalui online, Kemenag Gresik melakukan pendampingan di Lembaga Mathlabul Huda Desa Babakbawo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, akhir pekan lalu.

 

Pendampingan yang dilakukan secara tatap muka secara tetap muka itu dilaksanakan dengan praktik pelaksanaan EDM ERKAM. Peserta yang hadir ialah kepala madrasah, bendahara madrasah dan operator madrasah.

 

Affandi, tim inti Kemenag Gresik, mengatakan bahwa praktik yang diberikan kepada peserta adalah tindaklanjut dari materi yang disampaikan para narasumber bulan lalu. “Yang terpenting adalah praktik mengerjakan dan melaksanakan EDM RKAM," katanya kepada NU Online Jatim, Rabu (27/01/2022).

 

Ia menjelaskan, dengan tindaklanjut praktik seperti ini akan memudahkan lembaga dalam mengimplementasikan masalah yang dihadapi dalam proses EDM RKAM. "Tentu ini pendampingan maka tiap lembaga yang terdiri dari tiga peserta pendampingan saya cek satu per satu," tandasnya.

 

Sementara itu, Nurus Shobah, Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Dukun, berharap pendampingan teknis itu bisa dimanfaatkan dan ditindaklanjuti oleh tim lembaga pendidikan karena penting untuk kemajuan dan sebagai ruh dari madrasah.

 

"Di samping juga sebagai ukuran kemajuan sebuah madrasah dalam mengukur dan memplaning untuk penganggaran lembaga pendidikan atau madrasah," ujarnya.


Metropolis Terbaru