• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Metropolis

MUI Jatim Tekankan Pentingnya Spiritualitas Media Sosial

MUI Jatim Tekankan Pentingnya Spiritualitas Media Sosial
Ketum MUI Jatim, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah. (Foto: NOJ/ MR)
Ketum MUI Jatim, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah. (Foto: NOJ/ MR)

Surabaya, NU Online Jatim
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim menggelar silaturahim dan konsolidasi pada Selasa (02/04/2024) di kantor setempat. Kegiatan yang mengambil tema MUI Mengawal Spiritualitas Media Sosial ini bertujuan menekankan pentingnya memaknai dan memaksimalkan kontribusi MUI terhadap persoalan yang dihadapi umat. 

 

"Media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap hampir semua aspek kehidupan umat. Oleh karena itu, kehadiran MUI di sini sangatlah penting," ungkap KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah, Ketum MUI Jatim.

 

Menurutnya, MUI memiliki peran yang jelas sebagai mitra pemerintah dan pelayan umat. Sebagai shodiqul hukumah, MUI berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan amanah kepada masyarakat dengan baik. 

 

"Sementara sebagai khodimul ummah, MUI berupaya menjaga dan memelihara umat melalui argumen dan narasi keagamaan, serta menghindarkan umat dari pesimisme dalam menghadapi kompleksitas kehidupan," terangnya.

 

Lebih lanjut, Kiai Mutawakkil menyampaikan apresiasi atas ketertiban dan kelancaran pelaksanaan rangkaian Pemilu, mulai dari Pilpres hingga Pileg di Jawa Timur. "Ini semua berkat kerja keras semua pihak, termasuk TNI, Polri, Forkopimda, dan para kiai di seluruh Jatim," ujarnya.

 

Ia juga menyoroti hubungan baik antara ulama dan umara di Jatim yang memberikan penanganan cepat terhadap masalah sosial. "Relasi yang baik ini harus kita syukuri dan pertahankan. Kondisi dan kemapanan tatanan sosial seperti ini harus dipertahankan untuk menjaga ketertiban sosial di tengah arus media sosial yang semakin kompleks," pungkasnya.


Metropolis Terbaru