• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Metropolis

Muslimat NU di Sidoarjo Adakan Santunan Yatim dan Pengobatan Murah

Muslimat NU di Sidoarjo Adakan Santunan Yatim dan Pengobatan Murah
Santunan anak yatim oleh PAC Muslimat NU Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Santunan anak yatim oleh PAC Muslimat NU Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Sukodono, Sidoarjo mengadakan santunan anak yatim dan pengobatan murah. Kegiatan tersebut dipusatkan di Balai Desa Jogosatru, Sukodono, Sidoarjo, Ahad (14/08/2022).


Dalam kesempatan ini, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sukodono H Fathul Ibad mengapresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Menurutnya, hal ini sebagai wujud kepedulian NU dan Muslimat NU Sukodono terhadap anak yatim.


“Mudah-mudahan acara ini bermanfaat dan mendapatkan ridha dari Allah SWT. Kegiatan seperti ini juga dilaksanakan oleh sejumlah Pimpinan Ranting Muslimat NU di lingkungannya masing-masing. Alhamdulillah, hari ini PAC dan Ranting Muslimat NU se-Sukodono kompak mengadakan santunan anak yatim,” katanya kepada NU Online Jatim.


Sementara itu, Ketua PAC Muslimat NU Sukodono, Hj Umi Hanik menegaskan, kegiatan bakti sosial (baksos) tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Tahun Baru 1444 Hijriyah yang dikemas dalam acara rutinan Kubro se-PAC Muslimat NU Sukodono.


“Dari 19 Pimpinan Ranting Muslimat NU yang ada, kami minta setiap Pimpinan Ranting mengajak empat anak yatim dan totalnya sebanyak 76 anak. Santunan yang dibagikan berupa uang tunai sebesar Rp200 ribu per anak ditambah buket snack,” tegasnya.


Lebih lanjut, Umi Hanik mengungkapkan, adapun anggaran dana untuk pelaksanaan baksos ini berasal dari sumbangan donatur yang dikumpulkan oleh masing-masing Ketua PR Muslimat NU, donasi anggota, dan kas PAC Muslimat NU Sukodono.


“Selain santunan, kami juga menggelar bakti sosial (baksos) pengobatan murah bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo, karena kami ingin warga Muslimat NU sehat dan sejahtera. Di acara ini kami juga membuka bazaar produk UMKM warga Muslimat NU,” ungkapnya.


Di sisi lain, Kepala Desa Jogosatru H Sugito mengatakan, Pemerintah Desa (Pemdes) sangat mendukung acara Kubro PAC Muslimat NU Sukodono ini. Dirinya berharap, kegiatan ini ke depan terus berlanjut dan semakin mendapatkan dukungan dari seluruh masyarakat


“Dalam acara ini kami juga turut berpartisipasi dengan menyerahkan santunan sejumlah uang kepada anak yatim yang hadir. Walaupun santunan yang diberikan nilainya tidak besar, semoga bermanfaat bagi mereka,” katanya.


Diketahui, acara ini dihadiri oleh ribuan jamaah yang berasal dari PR Muslimat NU se-Kecamatan Sukodono. Tampak hadir pula Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Jogosatru dan badan otonom (banom) NU, serta perangkat desa setempat.


Metropolis Terbaru