• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

NU di Sidoarjo Gotong Royong Bantu Ratusan Warga Terdampak Covid-19

NU di Sidoarjo Gotong Royong Bantu Ratusan Warga Terdampak Covid-19
Elemen NU Desa Damarsi, Kecamatan Buduran, Sidoarjo saat menyalurkan bantuan kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: NOJ/LYR).
Elemen NU Desa Damarsi, Kecamatan Buduran, Sidoarjo saat menyalurkan bantuan kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: NOJ/LYR).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berlalu, banyak masyarakat yang terdampak akibat pandemi ini. Diperlukan semangat gotong royong dan saling berbagi dengan sesama yang membutuhkan.

 

Untuk membantu mengurangi beban masyarakat terdampak Covid-19, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Damarsi, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo menyalurkan bantuan berupa 160 paket bahan pokok, Ahad (15/08/2021).

 

Kegiatan tersebut merupakan hasil sinergi antara PRNU Damarsi bersama Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Damarsi, Masjid Barokah, Masjid Al-Ikhlas, SMP Wahid Hasyim 11, dan seluruh badan otonom (banom) setempat.

 

Ketua PRNU yang juga Kepala Desa Damarsi, Miftahul Anwarudin menuturkan, penyaluran bantuan tersebut berawal dari terbitnya surat instruksi dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Buduran yang menganjurkan kepada seluruh masjid Nahdlatul Ulama (NU) se-Kecamatan Buduran untuk menyedekahkan hasil kaleng satu kali Shalat Jum'at untuk warga isoman dan terdampak Covid-19.

 

"Bahwa apa yang dilakukan NU dan banom dalam kegiatan ini yang selalu menjalin koordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes), merupakan bentuk tabarrukan dengan muassis NU, yakni KH Abd Wahab Chasbullah. Yang selalu menjaga koordinasi dengan pemerintah, menjaga tradisi gotong royong dan saling peduli di tengah masyarakat," tuturnya.

 

Sementara Ketua UPZIS LAZISNU Ranting Damarsi, Mafruhuddin mengungkapkan, dana yang terkumpul sebesar Rp15 juta dan selanjutnya digunakan untuk belanja paket bahan pokok yang terdiri dari beras, gula, minyak, dan mie instan.

 

“Sejumlah 161 paket tersebut disalurkan warga di 23 Rukun Tetangga yang isoman dan terdampak Covid-19 yang belum mendapatkan bantuan pemerintah,” ungkapnya kepada NU Online Jatim.

 

Lebih lanjut, dirinya berharap, UPZIS LAZISNU Damarsi menjadi pelopor kegiatan untuk kesejahteraan masyarakat dan tidak hanya mengandalkan dana dari Koin NU Peduli saja, melainkan dari donatur atau bekerjasama dengan berbagai pihak yang ada di wilayah setempat.

 

“Semakin banyak kegiatan yang bisa dirasakan oleh masyarakat, maka bukan LAZISNU yang mencari donatur atau warga yang akan diberi kaleng, tetapi masyarakat yang akan mencari LAZISNU untuk menjadi donatur dan meminta kaleng Koin NU Peduli,” pungkasnya.

 

Di sisi yang lain, Nur Hayati, seorang janda desa setempat yang menerima manfaat paket bahan pokok tersebut mengapresiasi bantuan yang diberikan. Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya yang hanya menjadi guru ngaji dan berjualan di sekolah yang saat ini libur sebab pandemi.

 

 

"Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, semoga sehat selalu. Kegiatan ini sangat membantu warga terdampak yang belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah," ujarnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru