• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

Profil MI Ma’arif Ketegan, Madrasah Standar Internasional di Sidoarjo

Profil MI Ma’arif Ketegan, Madrasah Standar Internasional di Sidoarjo
Gedung MI Ma’arif Ketegan Bilingual Islamic School di Sidoarjo. (Foto: NOJ/ ISt)
Gedung MI Ma’arif Ketegan Bilingual Islamic School di Sidoarjo. (Foto: NOJ/ ISt)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Ketegan Bilingual Islamic School merupakan madrasah di bawah naungan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Sidoaro yang  berstandar Internasional. Kurikulum yang digunakan ialah Cambridge, yang memiliki keunggulan dalam membentuk siswa supaya menguasai kompetensi global, dengan tanpa meninggalkan kurikulum merdeka.


“Siswa juga mampu berbahasa Inggris dengan fasih, terampil berpikir luas dan kritis, serta memiliki cara pandang internasional,” kata Umi Salamah selaku Kepala Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ketegan saat dihubungi NU Online Jatim, Kamis (22/09/2022).


Madrasah yang beralamat di Jalan Kiai Mujtahid Desa Ketegan RT 04 RW 02 Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo ini memiliki visi menjadi madrasah yang bermutu, profesional dan cerdas spiritual, emosional, dan intelektual.


Sementara misinya adalah menanamkan akidah Ahlusunnah wal Jamaah (Aswaja), menstimulasi semua stakeholder untuk melaksanakan ibadah, dan mengintegrasikan hati dan pikiran ketika beribadah.


“Tiga misi selanjutnya adalah mengadopsi adab dengan potret Rasulullah SAW dan salafus shalih, mengadopsi kurikulum nasional dan internasional, dan mewujudkan Smart School yang mengaplikasikan pembelajaran adaptif dan inovatif dengan menghadirkan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK),” ujarnya.


Umi mengatakan, MI Ma’arif Ketegan yang berdiri pada tahun 1945 berinduk pada Badan Pelaksana Penyelenggaraan Pendidikan Ma’arif (BPPPMNU). Adapun mottonya ialah berkarakter, kreatif, adaptif, dan hebat.


“Dimaksud berkarakter ialah dengan menjadikan Rasulullah sebagai suri tauladan, kreatif menciptakan sesuatu yang baru, dan adaptif dengan terus memperbarui dan meningkatkan kemampuan, serta sukses di dunia maupun di akhirat,” jelas Umi.


Dikatakan, MI Ma’arif Ketegan memiliki program pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur'an. Selain itu, juga dilaksanakan pembiasaan ibadah progresif dan akhlakul karimah. Semisal pagi hari dibiasakan mengamalkan ajaran Aswaja, seperti istighotsah, yasin, tahlil dan shalawat diba,” ucapnya.


Punya Program Kelas Internasional
Dirinya menuturkan, kini mempunyai Internasional Class Program atau program kelas internasional dengan fasilitas kelas representatif yang dilengkapi Air Conditioner (AC) dan Smart TV. Disana, siswa setiap hari belajar Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris.


“Kami juga menerapkan HOTs atau High Order Thingking Skill, dimana siswa dilatih keterampilan berpikir tingkat tinggi, dengan mendatangkan Native Speaker hingga kelas akselerasi,” tuturnya.


Guna menanamkan karakter pada siswa, ia diajak untuk membaca janji siswa setiap pagi yang di dalamnya terdapat pendidikan karakter. Dewan guru setiap awal pembelajaran juga menyampaikan profil pelajar Pancasila. Bahkan, siswa juga diarahkan melakukan pembiasaan kegiatan yang mencerminkan karakter yang ingin dicapai.


“Kemudian didukung dengan poster-poster tentang karakter yang ditempel di beberapa titik strategis, sehingga bisa mempengaruhi alam bawah sadar siswa. Kami juga melakukan penilaian self assessment, peer assessment, teacher assessment, dan parent assessment,” urainya.


Disinggung soal perundungan di lingkungan sekolah, Umi mengaku melakukan pemantauan yang intensif pada siswa. Misalnya dengan menempatkan siswa di kursi yang dekat dengan guru. Selain itu, guru juga sering memberikan penguatan karakter untuk saling menyayangi satu sama lain, baik secara verbal maupun praktik langsung.


“Bila ada gelagat yang bisa mengarah pada perundungan, pihak madrasah segera menunjukkan respons dengan melakukan penanganan-penanganan tertentu,” ucap Umi.


Di antara upaya yang dilakukan ialah menugaskan siswa yang terpercaya untuk berteman dengan anak tersebut, terlebih ketika di luar pantauan guru. Kemudian secara terus menerus tanpa lelah menanamkan karakter ala Rasulullah SAW.


“Bahkan, sebelumnya pihak madrasah melakukan identifikasi terlebih dahulu terhadap siswa yang berpotensi jadi korban perundungan, dengan melakukan pemantauan-pemantauan,” teranganya.


Penghargaan
Prestasi yang diraih seluruh elemen di MI Ma’arif Ketegan Bilingual Islamic School cukup banyak dan beragam. Sedikitnya, dalam dua tahun terakhir, menjadi The Best Islamic School in Creating Superior Human Resources Of The Year pada Indonesia Star School Award 2022 Category.


Kemudian pernah diberi kepercayaan untuk menjadi piloting penerapan kurikulum merdeka oleh Kemenag RI. Terpilih Best Ten dalam Competition of Science, Math, & Islamic Comprehension Tingkat Nasional MI Tahun 2022.


Sementara dari unsur siswa, pernah mendapat juara 1 Speed Kicking pra kadet B putra dalam Indonesia Taekwondo League 2022 Poomsae & Speed Kicking Tingkat Nasional. Juara 1 Prakadet A U-24 putra dalam Kejuaraan Umsida Cup se-Jawa Timur. Juara 1 Kyorugi Semi Prestasi putri dalam Kejuaraan Umsida Cup se-Jawa Timur


Selain itu, Juara 2 M-Kyorugi grup 8 dalam Kejuaraan Taekwondo Provinsi Jawa Timur dan Juara 2 Lomba Syarhil Qur’an se-Jawa Timur pada Parade LP Ma'arif NU Jawa Timur.


Metropolis Terbaru