• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Metropolis

Raker Perdana, LAZISNU Sidoarjo Usung Sejumlah Program Kerja Unggulan

Raker Perdana, LAZISNU Sidoarjo Usung Sejumlah Program Kerja Unggulan
Suasana Raker ke-1 NU Care-LAZISNU Sidoarjo masa khidmat 2021-2026. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Suasana Raker ke-1 NU Care-LAZISNU Sidoarjo masa khidmat 2021-2026. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim
NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sidoarjo melaksanakan Rapat Kerja (Raker) ke-1. Kegiatan yang dipusatkan di Pesantren Al-Amanah Junwangi, Krian, Sidoarjo pada Ahad (24/07/2022) itu menyusun sejumlah program unggulan.


Raker tersebut dirangkai dalam acara pelantikan pengurus NU Care-LAZISNU Sidoarjo masa khidmat 2021-2026. Adapun tema yang diusung ialah "Sinergisitas Program dan Akselerasi Fundraising dalam Mewujudkan Kemandirian Jamaah dan Jam'iyah Menuju An-Nahdlah Ats-Tsaniyah NU".


Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo Abdul Mujib mengatakan, sejumlah usulan program hasil sidang komisi tersebut nantinya akan dimatangkan lagi oleh Tim Steering Committee (SC) bersama pengurus NU Care-LAZISNU Sidoarjo yang lainnya untuk disempurnakan.


“Baik itu pada tataran narasinya maupun timeline kegiatan. Kami pun berharap hasil raker ini disampaikan ke pengurus UPZIS LAZISNU kecamatan dan menjadi pegangan kami di tingkat cabang. Sekaligus menjadi bahan laporan program kami kepada PCNU Sidoarjo,” katanya kepada NU Online Jatim.


Sementara itu, Ketua Panita Pelaksana Pelantikan dan Raker ke-1 NU Care-LAZISNU Sidoarjo Much Imron Fakhruddin mengungkapkan, Raker ini diikuti oleh kurang lebih 81 peserta. Mereka terdiri dari pengurus NU Care-Sidoarjo dan utusan Unit Pengelola Zakat, Infak dan Shadaqah (UPZIS) LAZISNU kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo.


“Mereka meliputi dari unsur ketua, sekretaris, dan bendahara di masing-masing UPZIS LAZISNU kecamatan,” terangnya.


Dijelaskannya, materi yang dibahas dalam Raker tersebut seputar Program 4 Pilar LAZISNU, yakni pendidikan, kesehatan, pengembangan ekonomi, dan kebencanaan. Selain itu, juga ada pembahasan sejumlah program kerja unggulan seperti pelatihan, pelaporan, pengumpulan, dan media.


“Sedang peserta sidang komisi dibagi menjadi beberapa divisi, antara lain Divisi Program dan Humas, Penyaluran dan Distribusi. Kemudian, ada Divisi SDM dan Pelatihan, Sekretariat dan Pelaporan, Pengumpulan dan Pengembangan, serta Media dan IT,” jelasnya.


Adapun di Bidang Media dan IT, terdapat usulan penambahan konten baru di majalah bulanan NU Care Sidoarjo dan pengajuan materi jurnalistik agar dimasukkan ke dalam kurikulum Madrasah Amil. Serta menginventarisir akun media sosial (medsos) yang dimiliki UPZIS kecamatan dan desa se-Kabupaten Sidoarjo.


“Terima kasih kami sampaikan kepada pengasuh Pesantren Al-Amanah, PCNU Sidoarjo, panitia lokal, UPZIS LAZISNU se-Sidoarjo, serta semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara pelantikan dan Raker ini. Semoga program-program LAZISNU ke depan semakin bermanfaat bagi umat dan jamiyah,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru