• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Metropolis

Sinergi BKNU Gresik dan Pamekasan Budi Daya Kerang Hijau

Sinergi BKNU Gresik dan Pamekasan Budi Daya Kerang Hijau
Pemberian cinderamata dari BKNU Pamekasan kepada BKNU Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Pemberian cinderamata dari BKNU Pamekasan kepada BKNU Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Badan Kemaritiman Nahdlatul Ulama (BKNU) Pamekasan melakukan kunjungan studi ke BKNU Gresik pada Selasa (29/03/2022). Kunjungan tersebut dilakukan guna belajar proses budi daya Kerang Hijau kepada nelayan Ujungpangkah, Gresik yang dikoordinasi oleh BKNU setempat.


Koordinator rombongan BKNU Pamekasan, Maskurdi mengatakan, bahwa setelah pihaknya berkunjung ke Gresik beberapa waktu lalu, kemudian mendiskusikan dengan beberapa kelompok nelayan tentang keberadaan budi daya kerang hijau di Gresik yang unik dan menantang.


“Alhamdulillah, beberapa kelompok nelayan di Pamekasan ingin belajar langsung dan kami fasilitasi datang ke Gresik. Sebelumnya, kami terbiasa dengan budi daya rumput laut,” ujar Maskurdi.


Sebelumnya, kami terbiasa dengan budidaya rumput laut,” demikian disampaikan Pimpinan Rombongan BKNU Pamekasan, Bapak Maskurdi dengan menghadirkan 3 perwakilan kelompok nelayan.


Rombongan tersebut kemudian diantar menuju lokasi budi daya kerang hijau, Jalan Bangsalsari, Banyuurip, Ujungpangkah, Gresik. Di sana, rombongan dapat melihat secara langsung proses budi daya kerang hijau, mulai dari cara memasang bambu dan jaring, serta hal lainnya.


Tak cukup itu, mereka juga diajarkan cara mencari lokasi yang cocok untuk budi daya kerang hijau ini. Bahkan, di akhir kesempatan, rombongan BKNU Pamekasan juga mengambil beberapa gumpalan bibit kerang hijau yang sudah dewasa untuk dibawa ke Kota Gerbang Salam Pamekasan.


"Setelah kami bersama ke lokasi tadi, kami meyakini bahwa budi daya kerang hijau dapat dilakukan pula oleh nelayan di Pamekasan," kata Amirullah, Ketua Kelompok Nelayan Mina Tanjung, Pamekasan.


Sementara Ketua BKNU Gresik, Masruron mengaku senang dan bangga bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan rombongan BKNU Pamekasan, khususnya dalam proses budi daya kerang hijau.


“Kami sangat senang dan bangga bisa menghantarkan rombongan Pamekasan untuk belajar langsung dari para pendamping nelayan dalam proses budi daya kerang hijau. Harapan kami, ini bisa memberi manfaat bagi jamiyah serta BKNU di sana agar lebih berdaya,” tuturnya.


Serangkaian kunjungan studi tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian cinderamata berupa buku pengalaman nelayan pamekasan dalam budi daya rumput laut dari BKNU Pamekasan kepada BKNU Gresik dan MWCNU Ujungpangkah, Gresik.


Metropolis Terbaru