• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Metropolis

Wabup Gresik Minta Anggota Pramuka Jadi Pelopor Disiplin Prokes

Wabup Gresik Minta Anggota Pramuka Jadi Pelopor Disiplin Prokes
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, saat sambutan. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, saat sambutan. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Sangkapura dan Tambak, Gresik masa bakti 2021-2024 telah resmi dilantik.  Pelantikan dua kecamatan di Pulau Bawean itu dipusatkan di Pendopo Kecamatan Sangkapura, Kamis (18/11/2021).

 

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengatakan, bahwa di masa pandemi Covid-19 ini hendaknya anggota Pramuka menjadi pelopor disiplin protokol kesehatan (prokes).

 

"Gerakan Pramuka sudah teruji dan handal sebagai organisasi yang mampu mencetak anak-anak muda bertanggung jawab. Oleh karenanya, disiplin prokes di masa pandemi hal wajib bagi anggota pramuka,” ujarnya.

 

Ning Min, sapaan akrabnya menambahkan, gerakan pramuka sangat bisa diandalkan dalam sejumlah hal. Untuk itu, pihaknya menekankan agar di sekolah-sekolah dibentuk pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler.

 

"Mulai dari siaga, penggalang, penegak hingga pandega. Dari tingkat sekolah hingga Kwartir Cabang (Kwarcab), nanti bersama-sama kita bentuk pramuka ini,” imbuhnya.

 

Menurut Ning Min, upaya tersebut akan dipermudah jika dilakukan secara bersama-sama. Para pengurus yang sudah terbentuk harus siap membimbing generasi muda. Baik dari SD, SMP, SMA, madrasah maupun santri di Bawean.

 

“Kita nantinya berikan bimbingan serta pembinaan pramuka. Mudah-mudahan dengan kepengurusan baru ini bisa memberikan motivasi dan semangat, serta tidak boleh ada perbedaan dengan sebelumnya,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru