• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 24 Januari 2022

Parlemen

4 Raperda Inisiatif, Bukti Kepekaan DPRD Ponorogo ke Masyarakat

4 Raperda Inisiatif, Bukti Kepekaan DPRD Ponorogo ke Masyarakat
Rapat paripurna dengan agenda pendapat bupati atas 4 raperda inisiatif dewan setempat, Selasa (13/11/2021). (Foto: NOJ/Zen Muhammad)
Rapat paripurna dengan agenda pendapat bupati atas 4 raperda inisiatif dewan setempat, Selasa (13/11/2021). (Foto: NOJ/Zen Muhammad)

Ponorogo, NU Online Jatim

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Ponorogo menggelar rapat paripurna dengan agenda pendapat bupati terhadap empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif DPRD yang dilaksanakan di ruang sidang paripurna, Jumat (13/11/2021).

 

Empat raperda inisiatif yang dimaksud adalah Raperda Badan Usaha Milik Desa, Ketahanan Pangan, Pengelolaan Sungai dan Pencegahan Pernikahan Usia Anak-Anak.

 

Ketua DPRD Ponorogo Sunarto mengatakan, pihak eksekutif telah memberikan pendapatnya atas empat raperda inisiatif DPRD. Dalam pendapat itu, ada tanggapan, saran, dan juga kritik sehingga diperlukan pemikiran dari semua stakeholder.

 

"Pendapat bupati ini menentukan apakah raperda inisiatif layak untuk dibahas di tingkat selanjutnya," katanya.

 

Sunarto bersyukur bupati telah menyetujui empat raperda usulan tersebut sehingga kemudian akan dilakukan uji publik untuk melengkapi legal drafting.

 

"Ini juga untuk menampung aspirasi supaya raperda ini bisa aspiratif, akomodatif, dan bisa menjembatani kepentingan masyarakat Ponorogo," ungkapnya.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita menyebut bahwa pihak pemerintah kabupaten mengapresiasi upaya DPRD yang mengusulkan raperda atas dasar kepekaan pada kondisi masyarakat Ponorogo.

 

"Ini merupakan bukti bahwa sebagai wakil rakyat, DPRD peka pada masalah sosial yang ada di masyarakat," pungkasnya. (adv)


Parlemen Terbaru