• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Parlemen

Semangat HUT RI, Pemprov Jatim Didorong Lakukan Hilirisasi Industri

Semangat HUT RI, Pemprov Jatim Didorong Lakukan Hilirisasi Industri
Pemprov Jatim hendaknya menjadikan suasana kemerdekaan sebagai pelecut melakukan hilirisasi industri. (Foto: NOJ/A Toriq) 
Pemprov Jatim hendaknya menjadikan suasana kemerdekaan sebagai pelecut melakukan hilirisasi industri. (Foto: NOJ/A Toriq) 

Surabaya, NU Online Jatim
Perigatan Hari Ulang Tahun ke-77 RI hendaknya dijadikan momentum untuk meningkatkan capaian. Salah satunya adalah dalam hal memaksimalkan anggaran untuk hilirisasi industri.


Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah. Dalam pandangannya, Pemerintah Provinsi Jatim hendaknya menjadikan suasana semangat kemerdekaan tersebut sebagai pelecut demi menyejahterakan warga. 


"Pemerintah Jatim harus didorong bersama-sama anggarannya, agar memaksimalkan potensi alam yang kita miliki ini," kata Anik di ruangannya, Selasa (16/08/2022). 


Semangat hilirisasi industri ini Anik katakan dalam rangka meneladani nilai filosofis "pulih cepat dan tumbuh lebih kuat" pada Hari Ulang Tahun ke-77 Indonesia. 


"Bagaimana komoditi yang kita ekspor itu tidak dalam bentuk bahan mentah atau bahan baku, agar ada lompatan pendapatan yang itu berimplikasi kepada kebangkitan ekonomi daerah bahkan nasional," ujarnya. 


Sekretaris DPW PKB Jatim ini menuturkan, untuk melakukan hilirisasi industri, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Terutama dengan menarik para investor. Jika investor sudah didapat, maka langkah selanjutnya melakukan kemandirian produktifitas kepada sumber daya alam yang ada. 


Pengaruh produktifvtas yang mumpuni ini, sebagai upaya untuk melepaskan Indonesia kepada ancaman krisis global atau resesi dunia. Ada beberapa catatan untuk membuat investor tertarik untuk berinvestasi. Salah satunya dengan mempermudah izin bagi sejumlah investor. 


"Infrastruktur harus dipercepat, khususnya pada ranah jalan. Keamanan dan ketertiban harus dijaga, serta biaya produksi tidak terlalu mahal, dengan membidik daerah yang berdekatan dengan sumber daya alam," tandas dia.
 


Editor:

Parlemen Terbaru