• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Pemerintahan

Tes Swab Kafilah MTQ XXIX, Pemkab Pamekasan Terjunkan 48 Nakes

Tes Swab Kafilah MTQ XXIX, Pemkab Pamekasan Terjunkan 48 Nakes
Petugas melakukan tes swab PCR kepada para kafilah MTQ XXIX tingkat Jatim di Pamekasan, Madura. (Foto: NOJ/Rofii)
Petugas melakukan tes swab PCR kepada para kafilah MTQ XXIX tingkat Jatim di Pamekasan, Madura. (Foto: NOJ/Rofii)

Pamekasan, NU Online Jatim

Pemerintah Kabupaten Pamekasan menerjunkan tim tenaga kesehatan untuk melakukan tes swab Antigen kepada para kafilah yang sedang mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Jatim XXIX di Kabupaten Pamekasan, Madura. Hal itu dilakukan untuk menjaga para kafilah dari penularan Covid-19.

 

Ada empat orang petugas kesehatan yang ditugaskan khusus di setiap venue, namun  untuk hasil pertama dari pelaksanaan lomba di 12 venue tak satu pun kafilah yang terinfeksi Covid-19. “Total petugas kesehatan di setiap venue ada empat orang, jadi ada sekitar 48 nakes yang bertugas,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Pamekasan Saifuddin, Kamis (04/11/2021).

 

Saifuddin mengatakan, pelaksanaan swab Antigen kepada semua kafilah setiap venue bertujuan agar pelaksanaan MTQ Jatim XXIX terhindar dari Covid-19.

 

“Sehingga kami bisa mendeteksi jika ditemukan ada yang terinfeksi Covid-19. Selain itu juga bertujuan untuk memastikan bahwa kafilah tidak terkontaminasi oleh Covid-19,” ucapnya.

 

Dijelaskan Saifuddin, jika semisal nantinya ada kafilah yang terpapar Covid-19, maka akan dilakukan tindakan sebagaimana yang sudah diatur dalam penanganan Covid-19. “Kami tindaklanjuti dengan tes PCR, kemudian diisolasi sampai negatif,” jelasnya.

 

Dia menambahkan, swab tes kepada kafilah dilakukan pada tanggal 4, 7, dan 10, dengan menggerakkan tiga petugas kesehatan khusus tes swab. Mereka disebar di 12 venue, yaitu di Masjid Asy-Syuhada, Pendopo Budaya Wabup, Balai Pemuda, Aula PCNU, Bakorwil, Kantor Haji Kemenag, Balai Redjo, Aula SMKN 3, SMKN 2, Universitas Madura, dan IAIN Madura.


Pemerintahan Terbaru