• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 April 2024

Pendidikan

Alhamdulillah, 3 Mahasiswa Unisma Terima Djarum Beasiswa Plus

Alhamdulillah, 3 Mahasiswa Unisma Terima Djarum Beasiswa Plus
Tiga mahasiswa Unisma yang terima Djarum Beasiswa Plus 2022-2023. (Foto: NOJ/ ISt)
Tiga mahasiswa Unisma yang terima Djarum Beasiswa Plus 2022-2023. (Foto: NOJ/ ISt)

Malang, NU Online Jatim

Di tahun 2022, tiga mahasiswa Universitas Islam Malang berkesempatan menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus. Mereka dinyatakan berhak menerima beasiswa tersebut setelah lulus sejumlah tahapan seleksi.


Mereka ialah Shahihul Islam dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), Moch Mustakim dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Imam Fikri Haikal dari Fakultas Hukum (FH). Perjalanan mereka dimulai dari persiapan yang panjang dan matang.


Dilansir dari Times Indonesia, terdapat beberapa tahapan seleksi yang mereka ikuti sebelumnya. Pertama, seleksi administrasi dengan mengirimkan seluruh persyaratan yang ada, kemudian Seleksi Tulis (Tes TPA dan Psikotes), dan yang terakhir tahap Interview.


Para penerima mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan teman-teman yang telah mensupport di setiap proses seleksi Djarum Beasiswa Plus ini. Salah satunya dengan berperan aktif dalam kegiatan kampus dan organisasi internal sampai dengan eksternal kampus.


“Menjadi bagian dari Djarum Beasiswa Plus merupakan mimpi besar yang terwujud bagi mereka,” ungkapnya.


Dengan beasiswa tersebut, pihaknya bertekad terus meningkatkan softskills. Sehingga ketika lulus nanti dapat menjadi sosok pemimpin yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.


Sebagai informasi, di Djarum Beasiswa Plus selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga mendapatkan berbagai macam pelatihan ketrampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa.


Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. Tidak hanya berhenti sampai di sini, melalui program Community Empowerment, Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai ketrampilan lunak yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada.


Melalui pembudayaan dan pemberdayaan para penerima program Djarum Beasiswa Plus ini, rangkaian pelatihan tersebut dimaksudkan guna menyerasikan antara pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di perguruan tinggi dengan berbagai ketrampilan lunak (soft skills) yang diperoleh dari program ini. Tujuannya agar Beswan Djarum di kemudian hari menjadi pemimpin masa depan bangsa yang cakap secara intelegensia maupun emosional.


Lebih dari dua belas ribu mahasiswa berprestasi yang mendaftar terdapat lima ratus dua puluh tiga mahasiswa berprestasi yang lulus menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus 2022/2023. Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan di lebih dari 123 perguruan tinggi unggulan di seluruh provinsi di Indonesia. Sebuah bukti keseriusan Djarum Foundation dalam komitmennya membangun bangsa melalui pendidikan.


Pendidikan Terbaru