• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Pendidikan

Fapet Unisma Sosialisasi Immun Probiotik, Bisa Tingkatkan Kekebalan Ternak

Fapet Unisma Sosialisasi Immun Probiotik, Bisa Tingkatkan Kekebalan Ternak
Sosialisasi dan MoU produk herbal immun probiotik oleh Fapet Unisma. (Foto: NOJ/ ISt)
Sosialisasi dan MoU produk herbal immun probiotik oleh Fapet Unisma. (Foto: NOJ/ ISt)

Malang, NU Online Jatim

Dosen Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Islam Malang (Unisma​​​​) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMKN 1 Grati Pasuruan. Dalam kegiatan ini mereka memperkenalkan produk Immun Probiotik, yang diakui dapat meningkatkan kekebalan ternak.

 

Herbal Immun Probiotik adalah produk hasil riset dari program Matching Fund-Kedai Reka Kemdikbudristek yang dipimpin Ir Muhammad Farid Wadjdi MP. Immun Probiotik yang berbasis tanaman obat herbal dan probiotik diperkenalkan sekaligus demplot cara pembuatannya di depan sekitar 100 siswa SMK tersebut.

 

“Immun Probiotik adalah produk immune herbal plus probiotik yang dapat menjaga dan meningkatkan kekebalan ternak sehingga dapat meningkatkan performa produksi ternak sampai 35 persen,” ujar Muhammad Farid Wadjdi dilansir Times Indonesia, Senin (01/04/2024).

 

Dalam kesempatan itu, Farid didampingi anggota tim lainnya, yatiu Dr drh Nurul Humaidah MKes dan Oktavia Rahayu Puspitarini SPt MSi. Siswa lebih antusias lagi ketika ikut terlibat langsung dalam pembuatan Immun Probiotik. Siswa ikut membuat dan meracik komposisi bahan sampai melakukan teknik fermentasi.

 

Siswa yang menjadi sasaran kegiatan adalah dari jurusan Agribisnis Ternak Unggas sehingga materi sangat mengena. Produk Immun Probiotik nantinya akan diterapkan langsung pada ayam-ayam yang dipelihara siswa SMKN 1 Grati di farm sekolah.

 

Kegiatan pengabdian ini merupakan implementasi dari IKU 5 yaitu hasil kerja dosen digunakan masyarakat. FAPET Unisma Malang yang terakreditasi Unggul oleh BAN PT dan Internasional ASIIN Jerman berusaha menjaga kualitas dengan memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi yang menjadi landasan transformasi Pendidikan Tinggi.

 

“Selain itu hilirisasi hasil riset baik ke masyarakat juga sering dilakukan oleh Dosen FAPET Unisma seperti halnya pengenalan produk Immun Probiotik ini,” ucapnya.

 

Selain kegiatan pengabdian kepada masyarakat FAPET Unisma juga melakukan penandatangan MoU dengan SMKN 1 Grati. Penandatangan dilakukan oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Grati yatitu Dr Dra Nining Faridah MSi.

 

“Kerja sama dengan PT sangat dibutuhkan terutama dalam hal inovasi hasil riset yang bisa diimplementasikan ke guru-guru dan siswa-siswa sehingga inovasi kebaruan riset bisa dirasakan oleh mereka,” kata Nining.


Pendidikan Terbaru