• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Pendidikan

Unisma Buka Pendaftaran Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau 2024

Unisma Buka Pendaftaran Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau 2024
Flyer pengumuman pembukaan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Unisma. (Foto: NOJ/Humas)
Flyer pengumuman pembukaan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Unisma. (Foto: NOJ/Humas)

Malang, NU Online Jatim

Universitas Islam Malang (Unisma) telah secara resmi mengumumkan pembukaan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk tahun ajaran 2024/2025. Pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 25 Desember 2023 hingga 01 Maret 2024.


Ketua Program RPL Unisma, Dr. Anies Fuady mengatakan, program RPL ini merupakan jalur istimewa yang ditujukan bagi mereka yang sebelumnya telah mengikuti pendidikan di perguruan tinggi, namun belum menyelesaikan studi mereka.


“Selain itu, RPL juga diperuntukkan untuk individu profesional yang memiliki pengalaman pendidikan baik informal/nonformal atau berpengalaman kerja untuk mengikuti studi pada jenjang yang lebih tinggi dari yang sudah ditempuh sebelumnya dengan waktu yang lebih singkat,” ujarnya melalui rilis yang diterima NU Online Jatim, Rabu (21/02/2024).


Menurutnya, keunggulan program RPL Unisma termasuk berbagai pilihan program studi yang tersedia, dengan total 37 program studi yang mencakup jenjang pendidikan program S-1, profesi dokter, profesi guru, program S-2, dan program S-3.


“Yang mana ada 13 program studi terakreditasi unggul dan A, 3 prodi terakreditasi Internasional dari ASIIN Jerman dengan predikat full accredited, 4 prodi terakreditasi Internasional FIBAA, sisanya terakreditasi baik sekali dan B,” terangnya.


Dr. Anies menjelaskan, dengan mengikuti pendidikan di RPL Unisma, masa perkuliahan dapat diselesaikan dengan cepat. Masa perkuliahan bisa ditempuh dalam kurun waktu satu sampai dua tahun lulus pada program studi, terakreditasi unggul (A) dan baik sekali (B).


Lebih lanjut, kategori RPL terdiri dari dua jenis, yaitu Tipe A1 (Transfer SKS) dan Tipe A2 (Perolehan SKS). Tipe A1 mencakup empat hal, pertama melanjutkan jenjang, dimaksudkan untuk peserta yang ingin meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi dari yang telah mereka tempuh sebelumnya. Kedua, lintas bidang ditujukan bagi peserta yang ingin memperoleh gelar akademik atau keahlian kedua dalam jenjang yang sama dengan program studi yang berbeda.


Ketiga, pindahan diperuntukkan bagi peserta yang berasal dari perguruan tinggi lain dengan status kemahasiswaan terhenti karena drop out (DO) dan berhenti kuliah bisa melanjutkan studi di Unisma sesuai dengan jenjang dan jenis Program Studi. Keempat, Re-Entry diperuntukkan bagi peserta yang mendaftar kembali di Unisma dikarenakan status kemahasiswaannya terhenti baik drop out (DO) atau berhenti kuliah.


“Tipe A2 hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa dengan memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun,” tandasnya.


Info selengkapnya tentang pendaftaran RPL Unisma bisa mengunjungi website https://rpl.unisma.ac.id menghubungi contact person Dr. Muhammad Fahmi Hidayatullah, M.Pd atau Whatsapp 085791740262, bisa datang langsung ke kantor pusat lantai 3 Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Relevansi Pendidikan Unisma.


Pendidikan Terbaru