• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pustaka

KH Yasin Yusuf: Tokoh NU yang Kharismatik dan Ikhlas

KH Yasin Yusuf: Tokoh NU yang Kharismatik dan Ikhlas
Buku KH Yasin Yusuf: Tokoh NU yang Kharismatik dan Ikhlas. (Foto: NOJ/Ika)
Buku KH Yasin Yusuf: Tokoh NU yang Kharismatik dan Ikhlas. (Foto: NOJ/Ika)

Di kalangan masyarakat NU, pengetahuan terhadap keberadaan tokoh-tokoh pahlawan NU haruslah tetap dilestarikan. Mengingat betapa banyak pahlawan NU yang dahulu mati-matian untuk memperjuangkan kedaulatan NU sebagai organisasi Islam yang tepat. Tidak mengherankan juga bagi para pegiat sejarah bahwa pengetahuan terhadap para leluhurnya adalah sebuah hal yang penting untuk diketahui. Di Kabupaten Blitar, tepatnya berada di Kecamatan Kademangan, ada satu tokoh pahlawan NU yang sangat fenomenal pada masanya, begitu dicintai oleh masyarakat sekitar yaitu KH Yasin Yusuf.

 

“KH Yasin Yusuf merupakan sosok ulama yang tenar di kalangan masyarakat Blitar dan sekitarnya. Kepawaiannya dalam meracik kata, melahirkan retorika yang menghentakkan dan menggerakkan, tak ayal membuat banyak orang terpesona”.

 

Kutipan di atas adalah s sepenggal kalimat yang ada dalam buku tentang KH Yasin Yusuf: Tokoh NU yang Kharismatik dan Ikhlas. Buku yang ditulis oleh Joko Amrudin dkk ini hadir untuk melengkapi bingkai kepustakaan tentang para tokoh-tokoh NU yang menawan.

 

Meskipun pada umumnya tema ini tergolong klasik, tetapi kehadiran buku ini merupakan salah satu jawaban atas kebutuhan terhadap sumber-sumber biografi para pahlawan NU yang ditulis oleh penulis kontemporer. Terlebih lagi, pada proses belajar, berjuang dan bertaqwanya pemuda NU, buku ini sangat cocok sebagai cara untuk meneladani sifat, sikap para pahlawan NU dahulu sebagai penyongsong di kehidupan masyarakat yang baik nantinya. 

 

Pada era ini, banyak masyarakatbingung terhadap keberadaan seorang ulama yang pas dan tepat sebagai pandangan hidupnya. Dan, pada eranya ini KH Yasin Yusuf bisa dianggap sebagai tokoh NU atau ulama yang bisa dijadikan panutan bagi seluruh masyarakat Islam. Kalau di era sekarang mungkin kita bisa menyebutnya sebagai tokoh atau ulama yang viral.

 

Penulis buku ini adalah para anggota yang termasuk dalam lembaga yang ada di Pimpinan Cabang ISNU Kabupaten Blitar. Mereka adalah Achmad Ryan Fauzi, Ahmad Izzudin, Mohammad Choirul Abidin, Joko Amrudin dan Nanang Zamroji. ISNU sendiri adalah badan otonom di organisasi NU yang bertugas menaungi kebijakan-kebijakan NU di ranah kelompok sarjana dan intelektual.

 

Deskripsi buku di atas mengisahkan bagaimana perjalanan hidup KH Yasin Yusuf dengan sikap kepahlawanan hingga akhir hayatnya. Pahlawan bisa berarti secara umum yaitu orang yang berjuang dengan gagah, berani dalam membela kebenaran. Secara pemaknaan Islam, pahlawan adalah orang yang berjuang untuk memperoleh sebuah kebenaran (al-Haq) demi mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa.

 

Mengapa menyebut KH Yasin Yusuf sebagai pahlawan? Pertama, KH Yasin Yusuf dalam perjalanan hidupnya sangat tegas dan berani dalam membela atau pun membawakan ajaran Islam terutama Aswaja untuk disampaikan kepada masyarakat awam kala itu. Tidak ada kata pandang bulu menurutnya. Jadi apa yang ia sampaikan adalah satu tujuan atau prinsip yang sama yaitu menyebarkan kebenaran, meskipun terbentang oleh banyak perbedaan ataupun kasta. 

 

Kedua, kala itu penyebaran ajaran Islam masih belum mulus layaknya hari ini, khususnya di wilayah Blitar bagian selatan yang mana mayoritas adalah kawasan wilayah komunis PKI. Jadi pada konteks ini bagaimana kokohnya KH Yasin Yusuf tetap menyebarkan paham Aswaja meskipun dalam gencaran PKI.

 

Sepanjang penuturan perjalanan hidup KH Yasin Yusuf, pembahasan buku ini memfokuskan diri pada berbagai situasi, sikap, sifat atau perkataan yang akan menyingkap kepribadian KH Yasin Yusuf dan pelajaran atau hikmah apa bisa diambil darinya. Inilah tema pokok dan sekaligus menjadi keistimewaan dalam buku ini.

 

Karena itu, dengan buku ini penulis bermaksud menyelami seluruh perjalanan kehidupan KH Yasin Yusuf dan mengabadikan ajaran-ajaran spiritualnya agar tak lapuk tertelan oleh zaman. Sejak kelahiran hingga wafatnya, kehidupan KH Yasin Yusuf dipenuhi dengan beragam peristiwa, situasi, dan penyataan yang mengandung pelajaran spiritual yang paling dalam. Keteguhan iman, tekad, semangat dalam berjuang, tanpa pamrih, berbagai rintangan dan cobaan, dan sebagainya, merupakan tema yang menuturkan sekaligus mengingatkan kita bahwa pada dasarnya tidak ada yang instan dalam berjuang di kehidupan, menuntun satu sama lain dalam satu ikatan dengan tujuaan, arah yang sama yaitu mencapai sebuah kebenaran.

 

Membaca halaman demi halaman buku ini, pembaca akan digiring pada penghayatan yang mendalam tentang perjalanan kehidupan KH Yasin Yusuf. Bahkan, dengan kekuatan penyajiannya, pembaca seolah-olah dibawa ke dalam situasi KH Yasin Yusuf di masanya, melebur menjadi satu bersama orang-orang yang diceritakan di dalamnya. Mungkin buku ini bisa dikatakan sebagai buku novel realitas kehidupan KH Yasin Yusuf.

 

Pembaca juga akan dibuat penasaran tentang bagaimana situasi kala itu bersama KH Yasin Yusuf. Banyak disebut dalam dakwahnya mampu menghipnotis masyarakat untuk berbondong-bondong mengikuti pengajiannya dengan jama’ah dari segala penjuru. Dalam buku ini juga sering ditulis bahwa di setiap dakwah KH Yasin Yusuf tidak pernah sepi jama’ah. Ada yang mengatakan dalam dakwahnya, KH Yasin Yusuf sering menggunakan tiruan-tiruan suara. Hal ini mungkin akan menimbulkan pertanyaan yang tentang bagaimana profil KH Yasin Yusuf yang sebenarnya di waktu itu? Seberapa besar pengaruh yang dimunculkan dari perkataan-perkataan yang diucapkan saat itu?

 

Sehubungan dengan susunan dan isinya, buku ini merupakan bacaan yang mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, menurut penulisnya sendiri buku ini ditujukan untuk pembaca luas, baik muslim maupun bukan. Secara akademis, buku ini dibuat dengan berbagai sudut pandang beberapa penulis, menggunakan pengolahan data dari berbagai sumber-sumber, dan disempurnakan dengan metode penulisan ilmiah. Aspek kehidupan beliau pun disajikan secara akronik sejak kelahiran hingga wafatnya. Di setiap bagian pembahasannya pun, penulis akan menggiring para pembacanya kepada pelajaran-pelajaran penting bagaimana manusia hidup yang baik dalam masyarakat nanti. Secara garis besar pelajaran yang dapat kita ambil terekam dalam beberapa bagian, keteladanan, ketekunan, akhlakul karimah dan juga keberaniannya.

 

Buku ini merupakan buku yang sangat kaya dengan pesan-pesan spiritual untuk masa depan masyarakat Islam. Dan dapat menggaris bawahi, terkhusus untuk para pemuda NU, tergolong di IPNU IPPNU harus mampu mengambil pelajaran positif dari ketokohan KH Yasin Yusuf ini. Mengapa? karena teladan, akhlak dan juga keberanian yang dibawanya adalah keseluruhan sifat yang sangat melekat dalam diri semua manusia, terutama masyarakat NU. Bagaimana ia mengimplementasikannya dalam segala aspek kehidupan, entah pendidikan, ekonomi, keagamaan, sosial, politik dan sebagainya tanpa mengurangi sifatnya sedikit pun dalam berbagai kondisi. Maka tidak heran ketika para penulis menyebut beliau KH Yasin Yusuf sebagai tokoh ulama yang berkharismatik dan ikhlas. Karena memang pada dasarnya seperti itulah adanya, bisa menjadi sebuah pilihan bagi kita semua terutama masyarakat NU atas dasar untuk mengambil pelajaran-pelajaran positif yang responsif demi keberlangsungan hidup manusia terhadap zaman kontemporer ini.

 

Identitas Buku

Judul               : KH. Yasin Yusuf: Tokoh NU yang Kharismatik dan Ikhlas

Pengarang       : Joko Amrudin dkk

Penerbit           : PC ISNU Kabupaten Blitar – CV Mitra Karya

ISBN               : 978-602-53682-5-7

Tahun Terbit   : 2019

Tebal               : 1-198 halaman

Pereview         : Mochammad Rafid Al Muhasibi, Kader PAC IPNU Kecamatan Ponggok, Mahasiswa Akhir UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulung Agung


Pustaka Terbaru