Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Covid-19 Menyebar, Ansor di Sumenep Santuni Dhuafa

Covid-19 Menyebar, Ansor di Sumenep Santuni Dhuafa
Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Desa Banasare, Rubaru, Sumenep menggelar aksi peduli kaum dhuafa dan yatim. (Foto: NOJ/Mahrus)
Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Desa Banasare, Rubaru, Sumenep menggelar aksi peduli kaum dhuafa dan yatim. (Foto: NOJ/Mahrus)

Sumenep, NU Online Jatim
Mencegah pandemi Covid-19, Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Banasare, Rubaru, Sumenep menggelar aksi peduli kaum dhuafa dan yatim Sabtu (21/3). 

 

“Beragam cara dilakukan masyarakat untuk bisa terhindar dari Pandemi Covid-19 mulai dari yang bersifat jasmani hingga rohani, semua dilakukan,” kata Hefni. 

 

Ketua PR GP Ansor Desa banasare tersebut menjelaskan cara yang diambil dengan perbanyak sedekah sebenarnya telah dianjurkan dalam agama. 

 

“Untuk menghindari berbagai mara bahaya salah satunya adalah dengan perbanyak sedekah,” tegasnya. 

 

Menurutnya, Covid-19 atau virus Corona menjadi persoalan global. Segala aktivitas mulai dikurangi baik pendidikan atau kegiatan yang menghadirkan massa. Selama ini masyarakat disarankan diam diri di rumah, rutin mencuci tangan dengan cairan Sanitizer, rajin membersihkan badan, mengurangi kontak dengan orang lain, tidak berkumpul dengan orang dalam jumlah serta menghindari jabat tangan. Namun hal tersebut tidak dilakukan oleh jajaran Ansor Banasare.

 

“Kami memiliki cara tersendiri dalam mencegah Corona, yaitu dengan bersedekah, memberikan santunan kepada kaum dhuafa dan memberikan santunan kepada yatim,” ungkapnya. Kegiatan yang dilakukan Ansor Ranting Banasare ini terbilang unik karena tidak lumrah. Tidak seperti biasanya masyarakat lakukan untuk menghindari virus Corona, lanjutnya. 

 

Dirinya tidak ingin hanya gara-gara pandemi Covid-19, semua aktivitas sosial masyarakat terhenti total terlebih yang berkaitan dengan kondisi kehidupan kaum papa. 

 

“Mereka harus tetap diperhatikan dan disantuni meski dalam suasana seperti saat ini," tutur Hefni.


Santunan dhuafa dan anak-anak yatim ini sendiri merupakan kegiatan rutin bulanan yang dilaksanakan Ansor Ranting Banasare. 

 

Dan inilah bentuk nyata dan komitmen Ansor untuk selalu menebar kemaslahatan dan kasih sayang kepada sesama. 

 

Ibu Madiye, seorang janda yang mendapatkan santunan sangat berterima kasih  karena telah mendapatkan bantuan berupa kebutuhan pokok. 

 

"Terima kasih atas bantuanya," kata Madiye dengan penuh senyum. 

 

Selain janda, target santunan yang dilakukan PR Ansor Banasare adalah kaum dhuafa dan yatim. 

 

Kontributor: Mahrus
Editor: Syaifullah
 

Bank Jatim (31/7)