Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Godok Relawan Pajak 2021, FEB Unisma Konsisten Tingkatkan Kesadaran Pajak

Godok Relawan Pajak 2021, FEB Unisma Konsisten Tingkatkan Kesadaran Pajak
Pembukaan Diklat Relawan Pajak 2021. (Foto: NOJ/humas)
Pembukaan Diklat Relawan Pajak 2021. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Tax Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III  menggelar pendidikan dan pelatihan relawan pajak bacht IIII. Kegiatan tahunan ini digelar dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan serta mendukung inklusi kesadaran akan perpajakan. Kegiatan rutin ini dinamakan Program Relawan Pajak 2021.

 

Peserta yang mengikuti adalah mahasiswa yang memiliki kompetensi di bidang perpajakan dan telah terseleksi baik secara tertulis maupun wawancara. 65 peserta berhasil lolos seleksi dan nantinya sebelum terjun ke lapangan sebagai relawan pajak mereka wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan relawan pajak. Hal tersebut bertujuan agar proses pelaksanaan pendampingan dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah ditargetkan. Target relawan pajak yang ditujukan pada mahasiswa dan dosen dikhususkan untuk memberikan asistensi e-filing SPT Tahunan WP OP 1770S dan 1770 SS serta penyusunan laporan keuangan berbasis android bagi wajib pajak pribadi maupun wajib pajak badan. 

 

Pada tahun 2021 ini, kegiatan pelatihan relawan pajak digelar selama dua minggu yakni mulai Selasa (26/01/2021) hingga Rabu (03/02/2021) yang digelar secara luring dan daring bertempat di Ruang Pelatihan Tax Center  FEB  Unisma. Selasa (26/01/2021) acara dibuka langsung oleh Dekan FEB Unisma, Nur Diana. Dalam sambutannya, Diana menyampaikan apresiasi yang tinggi bagi mahasiswa dan dosen yang telah terpilih menjadi Relawan Pajak tahun 2021 di masa pandemi Covid-19.

 

“FEB Unisma berkomitmen untuk mendukung inklusi kesadaran perpajakan. Hal ini telah diwujudkan dalam bentuk kerja sama dengan Kanwil DJP Jawa Timur III. Kerja sama ini memprakarsasi pendirian tax center sebagai upaya untuk mendukung implementasi perpajakan dalam tridharma pendidikan tinggi,” katanya.


Diana juga memaparkan dalam uapaya mendukung program bela negara melalui perpajakan, FEB juga sudah mengimplementasikan inklusi kesadaran pajak. Upaya tersebut dimasukkan dalam beberapa mata kuliah yang termuat dalam kurikulum merdeka belajar, disamping selalu update isu-isu terkini untuk kurikulum bidang perpajakan. Bahkan mahasiswa juga mengikuti Brevet  A dan B. Sebagai upaya penguatan kompetensi selanjutnya dilakukan pemagangan sebagai relawan pajak. Inilah sebenarnya implementasi nyata dari kurikulum merdeka belajar yang betul-betul terimplementasi dengan baik di FEB Unisma yang selalu menggandeng dunia industri.


“Atas implementasi ini FEB Unsima mendapatkan penghargaan sebagai pilot projet Pembelajaran Inklusi Kesadaran Pajak dari Kanwil DJP Jawa Timur III. Ini merupakan bentuk apresiasi yang sangat membanggakan, karena ada pengakuan dunia Industri terhadap sistem pembelajaran yang berkualitas,” jelas Diana.


Acara dilanjutkan dengan penyematan selempang Relawan Pajak oleh Dekan FEB UNISMA sebagai bukti bahwa kegiatan Diklat Relawan Pajak 2021 telah berlangsung. Adapun sebagai instruktur kegiatan ini adalah dari dosen FEB Unisma dan perwakilan dari Kanwil DJP  Jawa Timur III. Kegiatan relawan pajak merupakan langkah bagi  FEB UNISMA dan Kanwil DJP Jawa Timur III untuk berkontribusi secara langsung kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu merubah perilaku wajib pajak dalam memahami pentingnya pajak bagi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim