Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ketua NU Galis Bangkalan Sapa Warga di Pasar sembari Bagikan Masker

Ketua NU Galis Bangkalan Sapa Warga di Pasar sembari Bagikan Masker
Ketua MWCNU Galis didampingi pimpinan lembaga dan badan otonom menyapa masyarakat di pasar. (Foto: NOJ/ Abdullah Hafidi)
Ketua MWCNU Galis didampingi pimpinan lembaga dan badan otonom menyapa masyarakat di pasar. (Foto: NOJ/ Abdullah Hafidi)

Bangkalan, NU Online Jatim
Semakin meningkatnya jumlah suspek Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bangkalan, tidak menyurutkan semangat pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Galis untuk turun jalan. Hal tersebut untuk mengedukasi warga dalam meningkatkan kesadaran dan pencegahan penyebaran Covid-19.

 

Kegiatan yang dilakukan adalah dengan pembagian masker secara cuma-cuma kepada warga yang melibatkan pengurus lembaga dan badan otonom (banom). Ada Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Gerakan Pemuda (GP) Ansor, hingga Fatayat NU.

 

Masker gratis ini dibagikan di pasar tradisional Kecamatan Galis dan sekitarnya, Sabtu (25/4) pagi.

 

Dalam aksi turun jalan ini, Ketua MWCNU Galis, KH Jailani Masyhuri memberikan informasi dan imbauan kepada seluruh pedagang dan pembeli seputar wabah Corona yang menjadi pandemi.

 

“Kami mengimbau masyarakat di pasar agar mengikuti anjuran pemerintah untuk selalu menggunakan masker saat berpergian,” kata Kiai Jailani. Termasuk saat berjualan atau berbelanja ke pasar sebagai sarana memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

"Ikuti anjuran pemerintah untuk selalu memakai masker saat keluar," imbau Kiai Jailani melalui pengeras suara.

 

Dalam aksinya yang didampingi Camat, Danramil, dan Kapolsek setempat tersebut, Kiai Jailani juga mengimbau masyarakat agar tidak keluar rumah bila tidak ada kebutuhan mendesak.

 

"Pak, bu, jangan keluar rumah apabila tidak ada urusan yang sangat genting, dan sangat penting," pesannya mengingatkan penyebaran virus Corona yang semakin meningkat.

 

Gus Nur Hasan Al-Basyri selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa pembagian masker ini sebagai bentuk ikhtiar dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Agar virus tidak semakin meluas, termasuk di kawasan ini yang masih zona jingga.

 

"Pembagian masker ini merupakan ikhtiar kita, keluarga besar NU Galis untuk mencegah penyebaran virus Corona agar tidak semakin meluas dan meningkat," pesan kader penggerak NU Madura Raya ini.

 

Dirinya juga sependapat dan mendukung imbauan Ketua MWCNU Galis kepada warga selama di pasar. Bahwa warga diminta tidak mudah keluar bila tidak ada urusan genting dan penting.

 

"Warga harus mengikuti imbauan pemerintah dan anjuran ulama," sambung Gus Nur.

 

Di akhir pesannya, dia berharap pandemi Covid-19 segera berakhir berkah dari bulan suci Ramadlan. 

 

“Sehingga warga kembali beraktivitas seperti sebelumnya tanpa adanya rasa khawatir,” pungkasnya.

 

Kontributor: Abdullah Hafidi
Editor: Syasifullah
 

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9