• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Mei 2024

Metropolis

PPKM Darurat, Ini Imbauan NU Gresik Terkait Pelaksanaan Idul Adha 1442 H

PPKM Darurat, Ini Imbauan NU Gresik Terkait Pelaksanaan Idul Adha 1442 H
Ketua PCNU Gresik, KH Khusnan Ali. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).
Ketua PCNU Gresik, KH Khusnan Ali. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).

Gresik, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik menyampaikan imbauan kepada Nahdliyin terkait dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah dan kurban di masa Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

 

Hal tersebut tersebut berdasarkan surat edaran dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) nomor 4165/C.1.34/07/2021 dan surat edaran Kementrian Agama RI, yakni terkait aktivitas ibadah Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

 

Imbauan yang disampaikan oleh Ketua PCNU Gresik, KH Khusnan Ali tersebut melalui video siaran WhatsApp, Ahad (18/07/2021). Adapun imbauan tersebut sebagai berikut:

 

  1. Karena kita ini masih berjuang dalam mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19 di masa PPKM Darurat, maka seyogyanya ibadah shalat Idul Adha dilaksanakan di rumah dengan keluarga. Bila memungkinkan dilaksanakan di masjid, maka harus dibatasi jamaahnya dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

 

  1. Sebagai ikhtiar dan usaha bersama dalam pencegahan pandemi Covid-19, maka diimbau kepada warga masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi aktivitas, dan menjauhi kerumunan.

 

  1. Untuk penyembelihan hewan kurban, baik yang dilakukan oleh pribadi maupun dengan melibatkan kepanitiaan, maka harus memenuhi standard operasional prosedur (SOP) yang sudah ditentukan, disamping juga tetap melaksanakan prokes ketat.

 

Kemudian Kiai Khusnan memungkasinya dengann pernyataan: “Semoga Allah selalu melindungi kita dari wabah pandemi ini dan kita diselamatkan oleh Allah SWT”.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru