Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pupuk Nilai Keaswajaan Mahasiswa, Unusida Gelar Kuliah Bersama

Pupuk Nilai Keaswajaan Mahasiswa, Unusida Gelar Kuliah Bersama
Gus Arisy Karomi sedang memandu acara Kuliah Bersama Aswaja secara daring (Foto: NOJ/Milah)
Gus Arisy Karomi sedang memandu acara Kuliah Bersama Aswaja secara daring (Foto: NOJ/Milah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menggelar kegiatan Kuliah Bersama Aswaja an-Nahdliyah dengan mengambil topik 'Meneguhkan Karakter Nilai Aswaja dalam Kepribadian Mahasiswa', Senin (15/03/2021). Sebuah kegiatan akademik yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) di kalangan mahasiswa baru.

 

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual itu menghadirkan narasumber Direktur Aswaja NU Center Sidoarjo, KH M Sholeh Qosim. Turut serta hadir Rektor Unusida, H Fatkhul Anam dan Wakil Rektor Bidang Akademik, Hadi Ismanto.

 

"Kegiatan ini selaras dengan visi Unusida, yakni menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang berpedoman pada aqidah Aswaja an-Nahdliyah," kata rektor dalam sambutannya.

 

Agenda ini diikuti hampir kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari mahasiswa, para dosen, kepala program studi, dan segenap civitas akademika Unusida. Kegiatan ini menyasar pada mahasiswa angkatan 2020 yang sedang mengikuti perkuliahan semester 2.

 

Kampus pencetak cendekiawan NU yang menyabet gelar Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) terbaik kategori berbadan hukum NU ini mengajarkan mata kuliah Aswaja 1-4 sebagai mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa dari semua program studi. Hal ini sebagai ciri khas dan keunikan yang menjadi sebuah terobosan di Unusida yang tak dimiliki oleh perguruan tinggi lain.

 

Acara ini berlangsung dengan khidmat dengan diskusi yang dipandu oleh Gus Arisy Karomy, salah satu dosen pengampu mata kuliah Aswaja di Unusida yang juga Wakil Direktur Aswaja Center Sidoarjo. Gus Arisy menegaskan bahwa para dosen pengajar mata kuliah Aswaja di Unusida adalah orang-orang pilihan yang jelas sanad keilmuannya pada Rasulullah serta alumni berbagai pondok pesantren NU.

 

"Jadi selain memenuhi kewajiban sebagai mahasiswa untuk mengikuti mata kuliah wajib Aswaja, mahasiswa juga tabarrukan mengharap berkah dari para masyayikh NU," tandasnya.

 

Adapun KH M Sholeh Qosim, menyampaikan cakupan pembahasan kurikulum Aswaja dan konsep-konsep penting dalam pemahaman Aswaja.

 

Editor: Risma Savhira

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9