• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Matraman

Ribuan Paket Kurban Ansor Ranting di Ponorogo Tembus Kawasan Pelosok

Ribuan Paket Kurban Ansor Ranting di Ponorogo Tembus Kawasan Pelosok
Ribuan paket daging kurban dari PR GP Ansor Ngunut, Babadan, Ponorogo siap disebar di kawasan pelosok. (Foto: NOJ/Fatkurozi)
Ribuan paket daging kurban dari PR GP Ansor Ngunut, Babadan, Ponorogo siap disebar di kawasan pelosok. (Foto: NOJ/Fatkurozi)

Ponorogo, NU Online Jatim
Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ranting Ngunut, Babadan, Kabupaten Ponorogo, berhasil menyalurkan 1350 paket daging kurban kepada warga Munggu, Kecamatan Bungkal, Ahad (2/8). Hal itu dilakukan sebagai kepedulian terhadap saudara Muslim yang ada di wilayah pelosok bagian selatan tersebut.

 

Erik Kurniawan selaku Ketua Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor Ngunut mengatakan melalui program "Berqurban dari Rumah" pihaknya berhasil menghimpun hewan kurban sejumlah 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Semua untuk disalurkan ke pelosok wilayah Ponorogo.

 

Desa Munggu Kecamatan Bungkal dipilih sebagai lokasi bakti sosial menyalurkan daging hewan kurban. Tidak kurang dari 1350 paket didistribusikan ke wilayah selatan Ponorogo ini. 

 

“Meski belum masuk wilayah terpencil, namun tidak berarti daerah ini bisa dengan mudah diakses menggunakan transportasi mobil," katanya.

 

Erik mengungkap, sebelumnya hewan kurban disembelih di kompleks halaman LKSA Ikatrina Ponorogo. LKSA Ikatrina merupakan lembaga yang digandeng GP Ansor Ngunut dalam kegiatan bakti sosial kali ini.

 

"Semangat berbagi dan berempati terhadap sesama dipupuk dengan mengadakan bakti sosial Idul Adha,” katanya. 

Tiap tahun, PR GP Ansor Ngunut dengan melibatkan berbagai unsur lembaga dan Banom NU rutin mengadakan program keliling.

 

Erik menambahkan hal itu sebagai sarana muhasabah diri untuk mengasah jiwa sosial dan sikap empati terhadap sesama. Terutama kepada masyarakat luas di berbagai pelosok desa di Kabupaten Ponorogo. 

 

"Sejalan dengan tujuan tradisi kurban untuk terus berbagi kepada sesama, apalagi di masa sulit di tengah pandemi ini," pungkasnya.


Editor:

Matraman Terbaru