• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 27 April 2024

Malang Raya

Termasuk Cegah Stunting, Fatayat NU Kota Malang Siapkan Renstra

Termasuk Cegah Stunting, Fatayat NU Kota Malang Siapkan Renstra
Rapat penyusunan rencana strategis (renstra) PC Fatayat NU Kota Malang. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Rapat penyusunan rencana strategis (renstra) PC Fatayat NU Kota Malang. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kota Malang kini tengah menyiapkan dengan matang program rencana strategis (renstra) yang akan dijalankan selama satu periode ke depan. Kegiatan tersebut dipusatkan di aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang, Senin (04/10/2021). Salah satu renstra yang dihasilkan ialah pencegahan stunting.

 

Ketua PC Fatayat NU Kota Malang, Iswatun Khasanah menuturkan, program-program yang direncanakan disesuaikan dengan bidang-bidang yang ada. Di antaranya bidang Organisasi, Dakwah, Kesehatan, Ekonomi, Hukum, Politik dan Advokasi, Sosial Seni dan Budaya, Litbang, dan Bidang Cyber dan Literasi.

 

“Renstra tersebut nantinya akan diperdalam melalui rapat kerja (raker) pada awal November mendatang,” ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Menurutnya, renstra tersebut kesemuanya disesuaikan dengan potensi kader dan peluang yang ada di akar rumput.

 

Senada dengan hal itu, Bendahara PC Fatayat NU Kota Malang, Widia menjelaskan, masing-masing bidang mempunyai program sesuai dengan proyeksi kondisi yang ada di masyarakat di masa saat ini maupun yang akan datang. Dari program tersebut direncanakan akan menggandeng instansi lain untuk bersinergi.

 

"Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan menggandeng banom yang ada di NU. Atau Organisasi Kepemudaan (OKP) lain bila memungkinkan," imbuh Widia.

 

Salah satu program yang direncanakan, menurut Widia, ialah program Lembaga Konsultasi untuk Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (LKP3A). Di masa pandemi ini, pihaknya akan bersinergi dengan beberapa psikolog untuk memberikan pendampingan (psikis) guna menyokong program tersebut.

 

"Karena tidak sedikit  anak-anak yang terdampak kehilangan orang tuanya akibat Covid-19," terangnya.

 

Lebih lanjut, rencana program lain yang dinilai penting ialah pencegahan stunting. Bentuk kegiatan melalui pendampingan dan pemberian edukasi pada ibu hamil tentang stunting. Dengan begitu, Fatayat NU Kota Malang dapat mendukung upaya Pemerintah dalam pencegahan stunting.

 

"Semoga masing-masing bidang dapat menyusun gagasan brilian dan terkini. Sehingga bisa memberikan manfaat secara maksimal untuk masyarakat," pungkasnya.


Malang Raya Terbaru