Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Tiga Kelebihan bagi Peserta Didik di MAUWH Tambakberas Jombang

Tiga Kelebihan bagi Peserta Didik di MAUWH Tambakberas Jombang
Bangunan utama MAUWH Tambakberas Jombang. (Foto: NOJ/Istimewa)
Bangunan utama MAUWH Tambakberas Jombang. (Foto: NOJ/Istimewa)

Jombang, NU Online Jatim

Saat ini sejumlah madrasah dan sekolah memberikan kesempatan luas kepada calon peserta didik untuk diterima di lembaga pendidikan formal tertentu. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB memberikan keleluasaan untuk menentukan yang terbaik bagi buah hati dalam memilih madrasah harapan.

 

Madrasah Aliyah Unggulan KH Abd Wahab Hasbulloh atau MAUWH Tambakberas, Jombang memberikan sejumlah kelebihan. Hal tersebut diberikan kepada peserta didik yang berkenan ditempa di lembaga pendidikan formal yang berada di lingkungan Pondok pesantren bahrul Ulum Tambakberas, tersebut.

 

“Setidaknya ada tiga kelebihan yang kami berikan,” kata Ustadz Faizun, Jumat (28/05/2021).

 

Kepala MAUWH Tambakberas tersebut secara rinci menjelaskan bahwa keunggulan pertama yang diberikan bagi peserta didik adalah dalam hal kepribadian atau karakter.

 

“Hal itu ditunjukkan dengan bagaimana peserta didik berpegang teguh pada akidah Ahlussunnah Waljamaah ala thariqati Nahdlatul Ulama,” katanya.

 

Demikian pula masih di sisi karakter adalah para siswa dipastikan memiliki rasa cinta Tanah Air dalam artian. Hal tersebut dibuktikan dengan kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI dan cinta Nahdlatul Ulama yaitu NU.

 

“Yang juga penting adalah mengenal, memahami serta meneladani kepribadian dan perjuangan KH Abd Wahab Chasbullah sesuai dengan nama madrasah,” ungkap Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang (Unisma) tersebut.

 

Berikutnya adalah memiliki semangat belajar sepanjang hayat atau long life education, mampu dan terbiasa menjalankan ibadah secara baik dan benar. Juga mampu dan terbiasa membaca Al-Qur’an secara baik dan benar serta hafal Al-Qur’an minimal 2 juz maupun surat pilihan.
.

“Memiliki karakter islami, seperti sopan santun, tawadlu, tanggung jawab, disiplin serta tidak melakukan perbuatan tercela seperti zina, mengkonsumsi minuman keras, mencuri, berkata kasar atau mengumpat dan yang semisal,” urai Ustadz Faiz.

 

Kelebihan tersebut ditopang dengan aksi dan kepedulian sosial yakni gemar bersedekah, juga peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan.


“Kelebihan kedua yang terus kami pacu bagi peserta didik adalah unggul akademik,” tegasnya.

 

Hal tersebut sebagaimana yang telah berjalan selama ini. Bahwa madrasah dapat meluluskan peserta ujian nasional seratus persen dengan minimal nilai 8.5.

 

“Termasuk para alamuni dapat diterima di perguruan tinggi unggulan dalam dan atau luar negeri,” urainya.

 

Demikian pula kemampuan mereka dalam membaca kitab kuning tingkat dasar atau kitab al-ghayah wat taqrib, berbahasa asing baik Arab maupun Inggris secara aktif tentang aktivitas sehari-hari.

 

“Kelebihan peserta didik kami juga mampu menulis dan mempresentasikan sebuah karya tulis ilmiah sesuai dengan bidang keilmuan dan keahliannya, serta keterampilan berdakwah secara lisan dan tulisan,” katanya.

 

Sedangkan kelebihan berikutnya yakni bidang kemasyarakatan. Di madrasah ini, peserta didik dilatih untuk menguasai dasar-dasar ilmu keorganisasian, skill kepemimpinan yakni leadership, serta lainnya. Seperti terampil dalam membawakan acara, cakap menjadi imam shalat lima waktu serta khatib shalat Jumat bagi laki-laki, memimpin tahlil, istighotsah, manaqib, diba’iyah dan kegiatan keagamaan lain.

 

“Bahkan kami memberikan keterampilan khusus bagi peserta didik agar memiliki kecakapan mengajar Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an atau TPQ,” pungkasnya.


Editor:
F1 PWNU Jatim