Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Tingkatkan Kompetensi Pebisnis Muda, MATAN di Pasuruan Gelar Kajian Online

Tingkatkan Kompetensi Pebisnis Muda, MATAN di Pasuruan Gelar Kajian Online
Kajian online MATAN Yudharta. (Foto: NOJ/LF)
Kajian online MATAN Yudharta. (Foto: NOJ/LF)

Pasuruan, NU Online Jatim

Dahsyatnya dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 membuat perjalanan sektor bisnis sepanjang tahun 2020 hingga 2021 cukup tertatih. Maka dari itu, Departemen Ekonomi Kreatif Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyah (MATAN) Yudharta Pasuruan adakan kajian online sebagai bahan acuan inspiratif dan inovatif untuk para pebisnis di masa sekarang, Ahad (25/04/21).

 

Tema yang diangkat dalam kajian online MATAN Yudharta kali ini adalah 'Manajemen Sistem dalam Berbisnis' yang diadakan melalui zoom dengan durasi sekitar 2 jam.

 

Nasrul Fikri, Bussines Consultants membahas tahap awal bagi pebisnis adalah manajemen, yang mana inti dari materi tersebut adalah the way we influence people to achieve your goals.

 

"Tahap awal yang harus kita perhatikan sebagai pebisnis adalah bagaimana cara kita untuk mendapatkan sesuatu dengan menggunakan orang lain," katanya.

 

Materi yang dibawakan memang sangat simpel dan praktis juga cocok di masa pandemi ini. Karena dalam berbisnis awal mula yang harus kita terapkan adalah merubah mindset atau pola pikir kita sendiri untuk mengatasi pesimisme sebelum bersaing.

 

Tak hanya itu, materi yang dijelaskan oleh Pendamping Departemen Ekonomi Kreatif MATAN Yudharta itu mempunyai dua cara jitu.

 

"Pertama, gunakan bantuan orang lain. Pekerjakan orang sukses dan gunakan teknologi. Sedangkan poin kedua adalah optimalisasi sistem kerja dan layout, supaya kerja lebih sedikit tapi dapat lebih banyak karena hal tersebut merupakan salah satu kiat-kiat cerdas seorang pebisnis," terangnya.

 

Oleh karena itu, dalam berbisnis membaca dan pengalaman adalah suatu hal yang sangat penting.

 

“Pentingnya membaca dalam berbisnis, karena membaca dan pengalaman harus seimbang. Maka dari itu, bila orang yang menginginkan hasil yang berbeda tapi tindakannya sama itu namanya orang gila,” pungkasnya.

 

Penulis: Lailatul Fitriyah

Editor: Risma Savhira

F1 Promosi Iklan