Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Toko Yasmin Bumi Agung, Cara Fatayat NU Sejahterakan Anggota

Toko Yasmin Bumi Agung, Cara Fatayat NU Sejahterakan Anggota
Pembukaan Toko Yasmin Bumi Agung. (Foto: NOJ/Puspita Hanum)
Pembukaan Toko Yasmin Bumi Agung. (Foto: NOJ/Puspita Hanum)

Tulungagung, NU Online Jatim

Aneka terobosan dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Tulungagung dalam meningkatkan kesejahteraan anggota. Salah satu yang dilakukan adalah dengan membuka toko Yasmin Bumi Agung.

 

"Toko Yasmin Bumi Agung ini menyediakan berbagai macam kebutuhan rumah tangga seperti sabun cuci, mi instan, minyak goreng, beras, kecap dan sembako lain," kata Siti Julaikah, Jumat (12/02/2021).

 

Julaikah yang ikut serta dalam mengawal pendirian toko tersebut mengaku bahwa Yasmin Bumi Agung dibuka atas dasar persetujuan seluruh anggota dan pengurus Koperasi Yasmin PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung.

 

Toko yang berada di Desa Pucung Kidul, Kecamatan Boyolangu telah dibuka Jumat (12/02/2021) yang bekerja sama dengan Nusantara Grosir (Nugo) Kabupaten Tulungagung sebagai distributor produk. Toko Yasmin Bumi Agung juga menerima produk dari anggota atau masyarakat sekitar untuk dijual kembali di toko tersebut.

 

"Kami menjual kembali produk milik anggota merupakan upaya Toko Yasmin Bumi Agung untuk mengangkat produk lokal," terang Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung, Siti Kusnul Kotimah.

 

Ia juga mengharuskan Toko Yasmin Bumi Agung menjual produk dengan kualitas yang baik, namun dengan harga jual yang bisa dijangkau masyarakat. 

 

"Dengan harga yang terjangkau, masyarakat kelas menengah ke bawah mampu membeli kebutuhan yang berkualitas sehingga sosial ekonomi mikro bisa meningkat," terangnya.

 

Hasil pendapatan dari toko yang memiliki lima orang karyawan ini, dimasukkan ke dalam hasil usaha koperasi. Jadi, keberadaan toko mampu meningkatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) untuk anggota koperasi yang dikelola oleh PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung tersebut.

 

Kusnul menjelaskan bahwa Fatayat NU berkomitmen melakukan pendampingan dan pengawasan dalam pengelolaan toko. 

 

“Hal tersebut agar mampu mencapai tujuan dengan tetap menjaga kualitas produk maupun pelayanan,” pungkasnya.

 

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim