• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Tapal Kuda

Ansor-Banser di Lumajang Bersihkan Masjid hingga Kawasan Pelosok

Ansor-Banser di Lumajang Bersihkan Masjid hingga Kawasan Pelosok
PAC GP Ansor dan Banser Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang saat membersihkan masjid. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)
PAC GP Ansor dan Banser Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang saat membersihkan masjid. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satuan Kordinasi Rayon (Satkoryon) Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang mengelilingi beberapa desa setempat untuk membersihkan masjid, Jumat (10/06/2022).


Sekretaris VI Ansor Klakah bidang sosial kepemudaan, Iqzak Sameer Hamzah mengatakan, awal mulanya berangkat dengan menggunakan motor timnya rela menyusuri jalanan di pelosok pedesaan yang terkadang tidak beraspal, sehingga hari ini tim dapat menyelesaikan bersih-bersih di tiga masjid.


"Target kita semua masjid yang ada di Klakah terdiri dari 12 desa, dan alhamdulillah sudah terlaksana di tiga desa, yaitu Tegalrandu, Kudus dan Sawaran Lor," katanya.


Menurutnya, kegiatan ini selain memang sebagai bukti khidmat Ansor kepada masyarakat, juga dimaksudkan untuk mempererat hubungan diantara anggota Ansor dan Satuan Koordinasi Kelompok (Satkorkel) Banser yang tersebar di beberapa pelosok desa.


"Dan melalui kegiatan bersama ini kita juga mencari barokahnya masjid, sehingga para jamaah bisa nyaman dan betah beribadah di masjid," ungkapnya.


Ia mengaku, timnya sangat antusias dengan giat ini dengan tetap meminta izin terhadap takmir masjid yang menjadi target kegiatan ini sehingga terlaksana dengan lancar penuh kekeluargaan.


"Giat ini kita laksanakan setiap pekan, kini tinggal sembilan desa lainnya yang sudah siap kami lakukan bersih-bersih di sana dan ini akan terus berlanjut, sementara ini kita fokus bersih-bersih dulu, untuk selanjutnya kita sesuaikan tergantung kondisi dan kebutuhan," tandasnya.


Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan ini semoga masyarakat sekitar sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan masjid setempat.


Tapal Kuda Terbaru