• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Ansor di Jember Latih Nahdliyin Tata Cara Pemulasaran Jenazah

Ansor di Jember Latih Nahdliyin Tata Cara Pemulasaran Jenazah
Pelatihan Pemulasaran Jenazah oleh PAC GP Ansor Kecamatan Puger, Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)
Pelatihan Pemulasaran Jenazah oleh PAC GP Ansor Kecamatan Puger, Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Puger, Kabupaten Jember mengadakan 'Pelatihan Pemulasaran Jenazah' bagi Nahdliyin. Kegiatan dipusatkan di aula Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Puger, Kabupaten Jember.


Pelatihan ini menghadirkan Rais Syuriyah PCNU Kencong KH Thoifur Al Bastomi sebagai narasumber. Kegiatan melibatkan beberapa pengurus Badan otonom (Banom) di wilayah setempat meliputi Fatayat NU, Muslimat NU, IPNU-IPPNU dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kasiyan.


Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Puger Sofi Ronald Rozaq mengatakan, kegiatan dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang tata cara pemulasaran jenazah. Menurutnya, kebanyakan merawat jenazah hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah terbiasa.


"Ada banyak faktor yang mempengaruhi orang-orang untuk tidak terlibat mengurus jenazah, di antaranya karena kurang tahu caranya, takut atau bahkan memiliki trauma terhadap fenomena kematian," ujarnya kepada NU Online Jatim, Kamis (06/10/2022). 


Sofi menambahkan, usai kegiatan tersebut semua pengurus di seluruh tingkatan paham akan tata cara pemulasaran jenazah sesuai syariat Islam serta mampu mengimplementasikan di lingkungan sekitarnya.


"Sekaligus mengedukasi agar masyarakat dapat mengenal, memahami, dan memiliki kemampuan terkait cara penyelenggaraan jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani, menshalatkan hingga menguburkannya," tuturnya.


Dirinya juga berharap kepada semua pengurus Banom NU yang mengikuti pelatihan ini agar ilmu yang diterima dapat bisa dipraktikkan di dusunnya atau wilayahnya masing-masing.


Diketahui, kegiatan ini merupakan satu dari rangkaian acara peringatan Hari Lahir (Harlah) Satu Abad NU di MWCNU Kecamatan Puger.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru