• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Tapal Kuda

IPNU-IPPNU Kota Pasuruan Isi Ramadhan dengan Ngarit Aja, Apa Itu?

IPNU-IPPNU Kota Pasuruan Isi Ramadhan dengan Ngarit Aja, Apa Itu?
Kegiatan Ngarit Aja atau Ngabuburit Aswaja oleh PC IPNU-IPPNU Kota Pasuruan, Senin (01/04/2024). (Foto: NOJ/ Winda Badiatul J)
Kegiatan Ngarit Aja atau Ngabuburit Aswaja oleh PC IPNU-IPPNU Kota Pasuruan, Senin (01/04/2024). (Foto: NOJ/ Winda Badiatul J)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Pasuruan menggelar Ngabuburit Aswaja atau Ngarit Aja. Kegiatan tersebut dipusatkan di Cafe D'Amor, Jalan Sunan Ampel No.21, Pekuncen, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Senin (01/04/2024).

 

Wakil Ketua 2 Bidang Kaderisasi PC IPNU Kota Pasuruan, Mochamad Izzat Nurisshobakh mengatakan, kegiatan ini merupakan impian lama tim kaderisasi untuk menggelar kajian Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) dengan konsep sederhana. Hal itu agar pemikiran Aswaja bisa diterima oleh kalangan muda, khususnya kader IPNU-IPPNU.

 

"Makanya kegiatan digelar di salah satu cafe. Dan alhamdulillah peserta kegiatan ini diikuti dari perwakilan ranting di seluruh Kota Pasuruan dan beberapa delegasi dari sekolah yang dinaungi LP Ma'arif NU," ujarnya.

 

Izzat mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan bekal paham-paham atau ideologi Aswaja kepada pelajar NU. Hal ini dilakukan untuk menguatkan ideologi dasar bagi pelajar NU agar terjaga dari paham-paham yang melenceng.

 

“Di samping itu, juga sebagai ajang silaturahim kader IPNU-IPPNU di semua tingkatan se Kota Pasuruan," ucapnya.

 

Disebutkan, inti tujuan kegiatan tersebut yang pertama iala sebagai bentuk pengkaderan non formal. Menurutnya, tanpa pengkaderan dalam suatu organisasi maka sedikit demi sedikit akan terkikis anggotanya.

 

"Pengkaderan non formal ini merupakan kegiatan yang diperlukan untuk menambah skill dan wawasan para pelajar NU di Kota Pasuruan," ucapnya.

 

Dirinya menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut mendapat respons bagus dari para pelajar NU. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan itu dan seksama mendengarkan penjelasan-penjelasan narasumber.

 

"Harapan kami setelah kegiatan ini para pelajar NU lebih bisa untuk memahami Aswaja dengan simpel dan sederhana, tidak di buat terlalu berat. Juga harapan kami semoga para pelajar NU lebih nyaman dan lebih senang di organisasi IPNU-IPPNU ini," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru