• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Tapal Kuda

Komunitas Alumni Pesantren Nurul Jadid Dirikan Minimart di Lumajang

Komunitas Alumni Pesantren Nurul Jadid Dirikan Minimart di Lumajang
P4NJ Lumajang membangun toko retail bernama NJ Minimart. (Foto: NOJ/Pan)
P4NJ Lumajang membangun toko retail bernama NJ Minimart. (Foto: NOJ/Pan)

Lumajang, NU Online Jatim

Sebagai salah satu bentuk upaya untuk membangun kemandirian ekonomi, alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo yang terhimpun dalam Pengurus Pembantu Pondok Pesantren Nurul Jadid Lumajang (P4NJ Lumajang) menginisiasi unit usaha toko retail bernama NJ Minimart.


“Toko kelontong yang mengusung konsep kios modern ini akan dibangun di beberapa titik di Kabupaten Lumajang,” kata Ketua P4NJ Lumajang, A’ak Abdullah Al-Kudus.

 

Dijelaskannya bahwa hal tersebut karena alumni pesantren yang berasal dari Kabupaten Lumajang jumlahnya demikian banyak. Mereka tersebar di seluruh kecamatan di kota pisang ini.

 

Dan untuk pertama kalinya, NJ Minimart ini dibangun di Jalan Bengawan Solo, Lumajang. Lokasinya persis di depan Perumahan Grand Zamzam Residence atau di sebelah timur SDI Al-Ikhlas.


Dimulainya unit usaha ini ditandai dengan doa bersama dan peletakan batu pertama oleh KH Faiz AHZ selaku Ketua Yayasan Pondok Pesantren Nurul Jadid. Tampak pula mendampingi A’ak Abdullah Al-Kudus selaku Ketua P4NJ Lumajang dan KH Abdul Mughits Naufal, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Lumajang yang juga alumni Pesantren Nurul Jadid.


“Kami sangat mengapresiasi inisiatif ini dan Pesantren Nurul Jadid akan mendukung secara maksimal upaya ini agar menjadi media untuk membangun kesolidan antaralumni,” kata KH Faiz AHZ.


Dirinya juga berharap langkah cerdas dari P4NJ Lumajang ini nantinya bisa diduplikasi oleh P4NJ di kabupaten lain. Dengan demikian, penguatan ekonomi dapat benar-benar dilakukan alumni pesantren dan tidak semata berwacana. 


“Tujuan utama dari usaha ini adalah untuk menguatkan silaturrahim antaralumni Pesantren Nurul Jadid. Adapun hasil dari usaha ini merupakan bonus dari silaturahim tersebut,” kata Gus Faiz.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru