• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Tapal Kuda

Mengenal Ega, Juara Kompetisi Sains Madrasah Asal Pasuruan

Mengenal Ega, Juara Kompetisi Sains Madrasah Asal Pasuruan
Ega Herdiansyah, peraih juara 1 mapel IPA terintegrasi ajang KSM se-Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar)
Ega Herdiansyah, peraih juara 1 mapel IPA terintegrasi ajang KSM se-Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar)

Pasuruan, NU Online Jatim
Ega Herdiansyah, siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Pasuruan berhasil meraih juara 1 mata pelajaran IPA terintegrasi dalam Kompetensi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Pasuruan. Ajang tersebut digelar secara online pada Senin (15/08/2022) lalu.


Kompetisi tersebut digelar oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI.


"Karena pelaksanaannya online, jadi tidak tahu siapa saja pesaingnya, tapi alhamdulillah bisa juara 1 dan lolos ke tingkat provinsi," ujar Ega kepada NU Online Jatim, Senin (22/08/2022).


Siswa kelas VI MIN 2 Pasuruan ini mengaku senang atas prestasi yang diraih. Sebelumnya, ia mengaku tidak menyangka akan meraih juara 1 dalam ajang tersebut. Selama ini yang dilakukan hanya giat belajar sebagaimana pesan kedua orang tuanya.


“Mohon doanya semoga nanti juga bisa menang dan lolos ajang serupa di tingkat Nasional,” katanya penuh optimis.


Laki-laki berusia 11 tahun ini punya cita-cita menjadi pengusaha. Ega merupakan anak tunggal dari pasangan Agus Hermawan dan Endah Rohani. Saat ini ia tinggal di Dusun Sukci RT 03 RW 04 Desa Bulusari Kecamatan Gempol Pasuruan.


Secara terpisah, Kepala MIN 2 Pasuruan Hariyono mengatakan, sebelum mengikuti KSM Ega juga pernah menjadi Juara 1 dalam event Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Kecamatan Gempol di bidang Pidato Bahasa Inggris. Selanjutnya, Ega meraih Juara Harapan 3 tingkat Kabupaten Pasuruan di cabang lomba yang sama.


"Ega ini termasuk salah satu siswa jenius yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Selain juara KSM, Ega juga berprestasi di ajang Porseni. Kita berharap di madrasah ini akan ada Ega berikutnya dengan prestasi-prestasi yang mentereng," ujarnya.


Sementara Wali Kelas VI B Masruroh yang akan mendampingi Ega di ajang KSM tingkat Jawa Timur menuturkan, nilai raport Egaa sejak kelas 1 hingga saat ini selalu masuk 3 besar.


"Memang anaknya tegas, disiplin, mudah bergaul dengan temannya dan gampang paham dengan pelajaran, terutama mata pelajaran IPA. Semoga nanti bisa lolos di tingkat provinsi yang akan digelar pada 13 September 2022 mendatang," harapnya.


Tapal Kuda Terbaru