• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

Tahun Baru Hijriyah, IPNU-IPPNU di Kota Pasuruan Gelar Pawai Obor Keliling

Tahun Baru Hijriyah, IPNU-IPPNU di Kota Pasuruan Gelar Pawai Obor Keliling
Pawai Obor Keliling yang digelar PR IPNU-IPPNU Sekargadung, Purworejo, Kota Pasuruan peringati Tahun Baru 1444 Hijriyah. (Foto: NOJ/ Winda B Jamilah)
Pawai Obor Keliling yang digelar PR IPNU-IPPNU Sekargadung, Purworejo, Kota Pasuruan peringati Tahun Baru 1444 Hijriyah. (Foto: NOJ/ Winda B Jamilah)

Pasuruan, NU Online Jatim
Tahun Baru 1444 Hijriyah diperingati Nahdliyin di berbagai daerah dengan beragam ekspresi. Seperti yang dilakukan Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sekargadung, Purworejo, Kota Pasuruan dengan menggelar Pawai Obor Keliling.


Pantauan NU Online Jatim, warga Sekargadung tampak semangat dan gembira dengan adanya kegiatan pawai obor keliling tersebut. Nyala obor yang dibawa kader IPNU-IPPNU dan ratusan warga berkeliling membuat suasana jadi indah.


“Yang mengikuti kegiatan tersebut, antara lain Jamiyah Bahrus Syafaah, kader IPNU-IPPNU Sekargadung dan warga Kelurahan Sekargadung,” ujar Ketua PR IPNU-IPPNU Sekargadung, Hadi Maskur kepada NU Online Jatim, Sabtu (30/07/2022).


Kegiatan tersebut juga diramaikan dengan bacaan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. “Semua yang ikut pawai obor mengelilingi jalan tidak hanya bawa obor dan berjalan saja, namun mereka juga sambil melantunkan shalawat bersama,” imbuhnya.


Hadi Maskur mengatakan, manfaat kegiatan tersebut yaitu untuk mengingatkan kepada semua umat Islam tentang Tahun Baru 1444 Hijriyah. Hal tersebut agar momentum itu digunakan untuk menjalin silaturahim antar sesama umat Muslim agar desa menjadi aman dan tenteram.


Ia menambahkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan sinergi kader IPNU-IPPNU dengan warga sekitar. Pasca diputuskan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian disosialisasikan kepada seluruh warga oleh masing-masing RT agar turut memeriahkan kegiatan itu.


“Alhamdulillah, respons masyarakat sangat baik. Makanya, saya katakan acara ini merupakan sebentuk bukti kerja sama dan kekompakan yang begitu kuat dari setiap individu atau elemen masyarakat,” ucapnya.


Dirinya menyebutkan, selama kegiatan berlangsung warga begitu tanggap mendengarkan instruksi dari panitia. Sehingga kegiatan tersebut mudah diatur dan berjalan dengan baik.


​​​​​​​"Alhamdulillah, keadaan selama proses dimulainya acara tersebut kondusif dan tidak waktu molor. Harapan saya supaya kegiatan ini terus berlanjut tahun depan dan lebih meriah lagi dan lebih kompak lagi antar warga," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru