• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 29 Mei 2022

Kediri Raya

Lewat 3S, Fatayat NU di Tulungagung Penuhi Kebutuhan Yatim-Dhuafa

Lewat 3S, Fatayat NU di Tulungagung Penuhi Kebutuhan Yatim-Dhuafa
Pengurus PC Fatayat NU Tulungagung saat sambutan dalam perayaan satu tahun program 3S untuk yatim dan dhuafa. (Foto: NOJ/ Puspita Hanum)
Pengurus PC Fatayat NU Tulungagung saat sambutan dalam perayaan satu tahun program 3S untuk yatim dan dhuafa. (Foto: NOJ/ Puspita Hanum)

Tulungagung, NU Online Jatim

Banyak cara dilakukan Nahdliyin dalam membantu anak yatim dan dhuafa. Seperti yang dilakukan Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU Panjerejo di Tulungagung yang menjalankan program Shadaqah Sabendino Sak Ikhlase atau disingkat 3S untuku membiayai kebutuhan anak yatim dan dhuafa setiap bulan.

 

Saat ini, program tersebut telah berusia satu tahun. Sebagai bentuk apreasiasi, maka digelar peringatan satu tahun program 3S, Selasa (20/10). Dalam kegiatan ini, sekaligus juga dilaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

 

Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Tulungagung, Asnawati mengapresiasi terlaksananya program 3S itu. Menurutnya, 3S tersebut bisa menjadi inspirasi Fatayat NU di daerah lain dalam membuat program.

 

"Program 3S sudah mencerminkan dua nilai pokok kehidupan manusia, yakni nilai ubudiyah dan kepedulian kepada sesama," kata Asnawati.

 

Sementara Ketua PR Fatayat NU Panjerejo, Khoirun Nisak mengatakan, bahwa program 3S awalnya merupakan sedekah yang dikumpulkan para kader di masing-masing rumah pada kotak khusus dari pengurus.

 

"Biasanya sedekah tersebut merupakan uang kembalian belanja oleh para kader Fatayat NU atau sumbangan warga yang dimasukan ke kaleng koin 3S yang ada di setiap rumah kader," katanya.

 

Seiring berjalannya waktu, beberapa warga di Desa Panjerejo ikut serta dalam program 3S tersebut. Setiap bulan, uang yang terdapat dalam kotak 3S tersebut dikumpulkan kepada pengurus PR Fatayat NU Desa Panjerejo untuk dikelola.

 

"Biasanya uang yang terkumpul mencapai delapan sampai sepuluh juta setiap bulan," ucapnya.

 

Uang yang terkumpul, menurut Khoirun Nisak digunakan untuk mencukupi kebutuhan anak yatim, piatu, dan kaum dhuafa yang ada di Desa Panjerejo.

 

"Alhamdulillah, dari program 3S tersebut Fatayat NU Desa Panjerejo mampu mentasharufkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak yatim piatu maupun kebutuhan kaum dhuafa," pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru