• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Keislaman

Berikut Dzikir dan Doa Setelah Shalat Jumat

Berikut Dzikir dan Doa Setelah Shalat Jumat
Ilustrasi seseorang sedang berdzikir setelah shalat Jumat (Foto:NOJ/bincangsyariah)
Ilustrasi seseorang sedang berdzikir setelah shalat Jumat (Foto:NOJ/bincangsyariah)

Hari Jumat adalah hari istimewa yang memiliki kekhasan tersendiri daripada hari lain, bahkan di hari mulia itu terdapat waktu mustajab. Tak ayal, bacaan dzikir dan guyuran doa yang dibaca umat Islam, baik sebelum maupun sesudah shalat Jumat memiliki potensi diterima dan terkabulkan.


Dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin 1/ 75  disebutkan:


فائدة : ورد أن من قرأ الفاتحة والإخلاص والمعوذتين سبعاً سبعاً عقب سلامه من الجمعة قبل أن يثني رجليه غفر له ما تقدم من ذنبه وما تأخر ، وأعطي من الأجر بعدد من آمن بالله ورسوله ، وبوعد من السوء إلى الجمعة الأخرى 


Artinya: Sebuah faidah, siapa saja yang membaca surat al-Fatihah, ikhlas dan mu’awwidztain (al-Falaq dan al-Nas), masing-masing sebanyak 7 kali setelah salam shalat Jumat sebelum melipat kedua kaki (bersila), maka dosa-dosanya yang telah lampau akan diampuni, juga mendapatkan pahala sebanyak orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan terhindar dari keburukan hingga hari Jumat depan.


وفي رواية زيادة وقبل أن يتكلم حفظ له دينه ودنياه وأهله وولده ويقول بعدها أربع مرات : اللهم يا غني يا حميد ، يا مبدىء يا معيد ، يا رحيم يا ودود ، أغنني بحلالك عن حرامك ، وبطاعتك عن معصيتك ، وبفضلك عمن سواك ، اهـ باعشن


Dalam salah satu riwayat ditambahkan: sebelum (bersila dan) berbicara, maka urusan agama, dunia, keluarga, dan anaknya akan terjaga dari keburukan. Kemudian membaca doa ini 4 kali, yakni: 


Allahumma Ya Ghaniyyu Ya Hamid, Ya Mubdi’u Ya Mu’id, Ya Rahim Ya Wadud, Aghniniy bihalalika an haramika, wa bi to’atika an ma’siyatika, wa bifadlika amman siwaka.


"Ya Allah, Wahai Dzat yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta,  Maha Mengembalikan, Maha Penyayang, Maha Pengasih, Maha penuh Cinta, kami memohon kepadaMu, jadikanlah kami kaya dengan apa yang telah Kau halalkan dari yang Kau haramkan, dan dengan ketaatan padaMu dari bermaksiat padaMu, dan karuniaMu dari pihak selain diriMu”


Editor:

Keislaman Terbaru