• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Keislaman

Doa yang Dibaca Nabi Muhammad saat hendak Makan

Doa yang Dibaca Nabi Muhammad saat hendak Makan
Saat makan hendaknya diawali dengan berdoa seperti dicontohkan Nabi Muhammad. (Foto: NOJ/R Bromo)
Saat makan hendaknya diawali dengan berdoa seperti dicontohkan Nabi Muhammad. (Foto: NOJ/R Bromo)

Memiliki selera untuk makan dan minum adalah hal yang wajib disyukuri. Demikian pula ada menu makanan maupun minuman sebagai kurnia. Karena tidak sedikit mereka yang tengah kehilangan nafsu makan, demikian pula tak ada makanan yang bisa dinikmati.


Oleh sebab itu, selain menggunakan tangan kanan dan sambil duduk saat makan, dianjurkan juga untuk senantiasa dzikir kepada Allah sejak awal memulainya. Bila lupa menyebut nama Allah di awal, hal demikian bisa dilakukan di tengah-tengah makan maupun minum.


Diriwayatkan, ketika makanan didekatkan, maka Rasulullah membaca: 
 

 اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ


Allâhumma bârik lanâ fî mâ razaqtanâ wa qinâ adzâban nâr, bismillâh


Artinya: Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillâh (atas nama Allah).


Nabi Muhammad juga mengajarkan umat Islam untuk tidak mencela makanan apa pun kondisinya. Saat Nabi menginginkan makanan tertentu, maka akan dimakan. Sedangkan saat tak suka, Nabi diam. (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)


Keislaman Terbaru