• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 23 Januari 2022

Keislaman

Doa yang Dibaca setelah Shalat Subuh

Doa yang Dibaca setelah Shalat Subuh
Ada sejumlah doa yang dibaca setelah shalat subuh.
Ada sejumlah doa yang dibaca setelah shalat subuh.

Waktu subuh merupakan waktu sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memulai segala aktivitas. Diharapkan, tidak mengisi pada waktu subuh dengan bermalas-malasan, apalagi tidur. 

 

Pada waktu subuh pula, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk memperbanyak mengingat Allah. Hal tersebut sebagaimana beberapa riwayat yang menerangkan tentang keutamaan berdzikir setelah shalat subuh.


Di antara dzikir atau doa setelah shalat subuh tersebut adalah sebagaimana berikut:


لَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَئْ ٍقَدِيْرٌ
 

Laailaha illalah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumit wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.


Artinya: Tidak ada tuhan selain Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian. Allah maha menghidupkan dan mematikan. Allah itu maha kuasa atas segala sesuatu.

 

Lafal doa ini dibaca sebanyak sepuluh kali setiap selesai shalat subuh. Faedah membaca doa atau dzikir ini adalah akan ditulis sepuluh kebaikan, dihapus sepuluh keburukan, diangkat sepuluh derajat dan pada hari itu akan dijaga dari gangguan setan. 

 

Demikianlah keterangan yang ada di dalam kitab Al-adzkar karya Imam Nawawi. Wallahu a’lam.

 

Alfin Haidar Ali adalah Mahasantri Ma'had Aly Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo.


Editor:

Keislaman Terbaru