• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Keislaman

Doa yang Hendaknya Dibaca Para Relawan Bencana

Doa yang Hendaknya Dibaca Para Relawan Bencana
Berikut doa yang diajarkan Rasulullah saat terjadi bencana dan hendaknya dibaca para relawan. (Foto: NU Network)
Berikut doa yang diajarkan Rasulullah saat terjadi bencana dan hendaknya dibaca para relawan. (Foto: NU Network)

Tidak ada yang menginginkan terjadinya bencana alam seperti kerap melanda negeri ini. Beberapa waktu lalu gempa di Cianjur dan kemudian Garut, Jawa Barat, dan yang gterbaru erupsi gunung Semeru di Lumajang. Dan saat menjadi relawan korban, ada sejumlah doa yang disarankan untuk dibaca.


Islam mengajarkan, bagi yang terkena musibah untuk sabar, ikhtiar maksimal, hingga introspeksi diri. Lalu bagaimana dengan orang-orang yang menyaksikan musibah itu datang? Apa yang harus dilakukan? 


Rasulullah bersabda: Siapa pun yang melihat orang yang terkena bala, hendaknya mengucapkan: 


 الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذي عَافَانِي مِمَّا ابْتِلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً لَمْ يُصِبْهُ ذَلِكَ البَلَاءُ


Alhamdulillâhilladzi ‘âfânii mimmâ ibtalâka bihi wa faddhalanî ‘alâ katsîrin mimman khalaqa tafdhîlân lam yushibhu dzâlikal balâ’ 


Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkanku dari apa yang menimpamu dan memberikan keutamaan kepadaku atas kebanyakan makhluk, (jika karunia itu juga diterima) niscaya bala tidak menimpa. (HR At-Tirmidzi) 


Imam Nawawi dalam Al-Adkâr mengatakan, para ulama menyarankan, doa ini dibaca secara pelan-pelan (sirr) agar tak menyinggung perasaan orang yang terkena musibah. Kecuali bila yang terkena musibah adalah ahli maksiat, maka boleh agak keras dengan syarat tak menimbulkan mudarat. Jika dinilai malah merugikan, maka membacanya secara pelan-pelan adalah pilihan terbaik sebagai tata krama. 

  

Doa juga bisa dan penting dibaca oleh para relawan korban bencana alam, tenaga medis penyakit-penyakit parah, penolong korban kecelakaan, atau sejenisnya. Dan besar harapan musibah akan segera sirna dan diganti dengan kebaikan lain. Wallahu a’lam.


Editor:

Keislaman Terbaru