• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Madura

Gelar PKL di Zona Madura, LTNNU Jatim Akan Bukukan Jejak Ulama dan Kiai

Gelar PKL di Zona Madura, LTNNU Jatim Akan Bukukan Jejak Ulama dan Kiai
Potret kegiatan Pelatihan Kader Literasi (PKL) Zona Madura Raya PW LTN NU Jatim di UIM Pamekasan. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin)
Potret kegiatan Pelatihan Kader Literasi (PKL) Zona Madura Raya PW LTN NU Jatim di UIM Pamekasan. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin)

Sampang, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Jawa Timur menggelar Pelatihan Kader Literasi (PKL). Kegiatan berlangsung di Aula UIM Pamekasan, Sabtu (26/11/2022), kegiatan diikuti pengurus LTN NU zona Madura Raya. 

 

PKL 2022 ini dilaksanakan selama satu hari dengan lima tokoh pemateri yang memiliki keahlian di bidang literasi. Di antaranya Wasid Mansyur sebagai Dosen Pascasarjana UINSA Surabaya, Rizal Mumazziq Direktur Penerbit Imthiyaz Surabaya, Syaifulloh Ibnu Nawawi Pemimpin Redaksi majalah AULA, Ayunda Rahmawati redaktur mediamerahputih.id, dan Nur Faisol sebagai Pemimpin Redaksi Jatim vivanews.com.

 

Ketua Literacy Center PW LTNNU Jawa Timur, Mukani menyampaikan, PKL kali ini merupakan yang ke empat zona Madura raya. Sebelumnya sudah berlangsung di Ponorogo, Kediri, dan Banyuwangi. 

 

"PKL zona Madura ini merupakan keempat dengan tujuan mengabadikan ulama atau kiai NU di Madura," ucapnya saat memberi sambutan. 

 

Menurut Mukani, dari hasil pelatihan nanti para peserta dari semua pengurus LTN NU se Madura raya bisa menulis jejak kiai yang kemudian akan dijadikan buku sebagai hadiah satu abad NU. 

 

"Kami ingin mahasiswa dan kader NU tetap berkhidmat, seperti merekam jejak perjuangan para ulama dan kiai NU di Madura baik tingkat kabupaten hingga desa," terangnya.

 

Sementara Wakil Rektor III UIM Pamekasan, Dr Supandi mengaku bersyukur PKL zona Madura berlangsung di kampusnya. Menurutnya, PKL ini sebagai ajang silaturahmi dan mengasah kemampuan kader NU dan mahasiswa dalam dunia kepenulisan. 

 

"Sekitar ada 50 peserta ikut PKL ini, baik dari mahasiswa, kader NU se-Madura dan para pegiat literasi siap merekam jejak perjuangan kiyai NU, satu orang bisa bikin satu tulisan," jelasnya. 

 

Supandi menyebut, UIM Pamekasan sebagai kampus yang berafiliasi NU didirikan oleh para kiai NU, sehingga acara PKL oleh literacy center PW LTNNU Jatim ini dianggap tepat guna membumikan nilai-nilai NU melalui karya tulisan dalam bentuk artikel. 

 

"Mencetak kader NU militan salah satunya adalah dengan berkarya dengan tulisan merekam jejak para kiai NU sebagai hadiah di satu abad NU melalui PW LTNNU Jatim," terangnya. 

 

Ketua PCNU Pamekasan, KH Taufiq Hasyim mengungkapkan, PKL ini harus menjadi tonggak menangkal berita hoaks yang bersebaran di media sosial. 

 

"Kami berharap kader-kader NU setalah selesai ikut PKL ini bisa menulis dan menyebarkan kebenaran memerangi berita bohong di media sosial, " ungkapnya. 

 

Tak hanya itu, ia mengaku bangga lantaran PKL ini berlangsung di Pamekasan sebagai wilayah yang merupakan sentral literasi NU di Madura.

 

"Khidmat kita kepada NU akan mengalir pahala bagi kita oleh doa dan jasa mu'assis NU, kami berharap nantinya peserta bisa menciptakan buku sejarah perjuangan dan histori kiai NU di Madura untuk peradaban dunia, " pungkasnya.


Madura Terbaru