• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Madura

Nyai Kautsar, Ketua Muslimat NU Sampang dan Upaya Bangun Kantor Bermodal Koin

Nyai Kautsar, Ketua Muslimat NU Sampang dan Upaya Bangun Kantor Bermodal Koin
Nyai Hj Nur Kautsar Muhtaram (kerudung putih), Ketua PC Muslimat NU Sampang yang ingin bangun kantor modal koin. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)
Nyai Hj Nur Kautsar Muhtaram (kerudung putih), Ketua PC Muslimat NU Sampang yang ingin bangun kantor modal koin. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)

Sampang, NU Online Jatim
Nyai Hj Nur Kautsar Muhtaram kembali terpilih sebagai Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Sampang masa khidmat 2022-2027. Ia ditetapkan dalam Konferensi Cabang (Konfercab) ke-9 Muslimat NU yang digelar di Hotel Camplong, Sampang, Sabtu (23/07/2022).


Nyai Kautsar mengatakan, ke depan pihaknya akan terus berikhtiar untuk memajukan PC Muslimat NU Sampang agar sejajar dengan Muslimat NU lainnya di Jawa Timur. Salah satu fokus garapannya ialah hendak mewujudkan mimpi pendirian Kantor Muslimat NU dengan tanah hak milik yang banyak dihasilkan dari pengumpulan koin Nahdliyin.


“Karena kantor yang ditempati saat ini hanya hak pakai, bukan hak milik,” ucap Nyai Kautsar.


Ia menyebutkan, bahwa kantor yang ditempati saat ini diminta oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, dan sudah disiapkan tempat lain sebagai pengganti. Akan tetapi, mayoritas kader Muslimat NU Sampang sangat berkeinginan untuk memiliki tanah hak milik, agar tidak selalu pindah-pindah kantor.


Untuk mewujudkan hal itu, lanjut Nyai Kautsar, Muslimat NU Sampang sejauh ini melakukan usaha mandiri dengan mengumpulkan koin. Koin tersebut merupakan hasil swadaya kader dan Nahdliyin yang peduli untuk menyisihkan sedikit rezekinya, sedang dari pihak luar belum ada.


“Kita juga membuat kotak amal yang ditaruh di toko-toko, setiap bulan kita pinta dan kumpulkan,” ungkapnya.


Dari hasil koin tersebut, Muslimat NU Sampang telah menyicil Rp50 juta untuk pembayaran sebidang tanah untuk dibangun kantor. Tanah yang terletak di Jalan Rajawali, Sampang tersebut dipatok dengan harga total Rp1,2 miliar.


“Untuk mencapai dana sebesar Rp1,2 miliar tersebut masih butuh waktu yang cukup lama. Untuk itu, kami mohon dukungan dari semua pihak,” harapnya.


Nyai Kautsar mengatakan, bahwa tanah tersebut saat ini masih berupa rawa-rawa. Namun, bila sudah terbayar separuh maka akan ditimbun dengan tanah dan dilanjutkan dengan pembangunan kantor tersebut.


“Mohon doa dan dukungannya, insyaallah akan dibangun pada pertengahan tahun 2023 mendatang,” imbuh Nyai Kautsar.


Terlepas dari itu, ia juga berkeinginan untuk merealisasikan semua program sebagaimana yang tercantum dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi. Dirinya juga akan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak demi kemaslahatan umat.


“Kita ingin semua bekerja dan bisa bersinergi dengan Pemkab Sampang untuk melaksanakan program-program itu. Karena tanpa kolaborasi pihak luar, pemerintah utamanya, Muslimat NU tidak ada apa-apanya,” tuturnya.


Perempuan asal Sreseh Sampang itu mengungkapkan, bahwa Muslimat NU Sampang memiliki Satgas Anti Narkoba di masing-masing kecamatan. Ia berharap, Satgas tersebut mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Daerah, khususnya Dinas Kesehatan dan pihak berwenang lainnya.


"Satgas Muslimat NU ini sudah banyak merehabilitasi pecandu narkoba. Ada yang dikirim ke Menur dan ada juga yang direhab mandiri di rumah. Alhamdulillah, semuanya kembali sehat dan normal,” katanya.


Nyai Kautsar berpesan, bahwa jabatan itu tidak perlu diminta. Tetapi, bila dipercaya dan diamanahi jabatan tersebut hendaknya tidak menolak, utamanya dalam berkhidmat di Nahdlatul Ulama.


“Mudah-mudahan doa muassis NU serta Pimpinan Pusat dan Pimpinan Wilayah selalu menyertai langkah kita ke depan. Insyaallah, saya siap mengemban amanah ini dengan doa semuanya,” tandasnya.


Madura Terbaru