• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Madura

Usai Dilantik, Pagar Nusa UTM Bangkalan Diminta Giat Bidik Prestasi

Usai Dilantik, Pagar Nusa UTM Bangkalan Diminta Giat Bidik Prestasi
Pembina UKM Pagar Nusa UTM Bangkalan, Badrud Tamam saat memberikan sambutan. (Foto: NOJ/Moh Khoirus Shadiqin)
Pembina UKM Pagar Nusa UTM Bangkalan, Badrud Tamam saat memberikan sambutan. (Foto: NOJ/Moh Khoirus Shadiqin)

Bangkalan, NU Online Jatim

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Perguruan Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan resmi dilantik, Sabtu (10/02/2024). Acara pelantikan itu dipusatkan di Gedung Auditorium lantai 2 kampus UTM. Pasca pelantikan selesai, Pagar Nusa UTM diminta giat bidik prestasi.


Ketua UKM Pagar Nusa UTM Bangkalan, M Nur Halim akan berfokus pada berbagai program utama Pagar Nusa UTM selama 1 periode ke depan. Dirinya menargetkan 50 medali selama kepemimpinannya. Dari sana, ia telah mengatur serangkaian jadwal persiapan yang mungkin bisa dilakukan sebelum berbagai event tiba.


"UKM Pagar Nusa UTM akan terus gencarkan program latihan rutin, latihan binaan di desa-desa sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat dan latihan dalam bidang pembinaan prestasi. Ke depan kami menargetkan prestasi satu periode 50 medali," ujarnya kepada NU Online Jatim, Ahad (11/02/2023).


Selain itu, untuk menjaga akidah Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja), UKM Pagar Nusa UTM memiliki program di bidang spiritual dan ke-Aswaja-an. Kegiatan tersebut rutin dilakukan sebagai bentuk ikhtiar pesilat Pagar Nusa UTM untuk terus menjaga sambungan dengan muassis NU.


"Khusus ke-Aswaja-an UKM Pagar Nusa UTM mempunyai beberapa program. Seperti halnya rutinan Rotibul Haddad, ziarah dan kajian ke-NU-an yang biasa dilakukan oleh seluruh pengurus dan anggota," terangnya.


Sementara Pembina UKM Pagar Nusa UTM Bangkalan, Badrud Tamam meminta agar giat membidik prestasi. Di UTM, Pagar Nusa harus menjadi lokomotif dalam bidang prestasi atlet. Pagar Nusa harus mampu memberi dampak positif pada kualitas kampus terbaik pulau garam itu. 


Hal yang bisa dilakukan ialah meningkatkan kualitas latihan dan perbaikan manajemen organisasi. Sebab secara sarana prasarana Pagar Nusa telah cukup diperhatikan sejak ditetapkan menjadi UKM yang sebelumnya hanya komunitas di UTM. Maka dari itu pengurus diminta sungguh-sungguh mengelola organisasi.


"UKM Pagar Nusa UTM harus semakin aktif dalam menyumbang prestasi kepada universitas. Sehingga keberadaannya dirasakan bersama, tidak hanya untuk Nahdliyin tetapi untuk semua," ungkap Koordinator Prodi PPG FIP UTM ini.


Senada, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangkalan, KH Makki Nasir meminta agar Pagar Nusa UTM mampu meneruskan pesan luhur ke-Aswaja-an dan kebangsaan. Sehingga keinginan untuk menjadikan sarana yang dapat bermanfaat untuk semua kalangan dapat terwujud melalui wadah UKM Pagar Nusa UTM ini.


Madura Terbaru