• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Malang Raya

IPNU-IPPNU UM Malang Bakal Rihlah Goes To Semarang

IPNU-IPPNU UM Malang Bakal Rihlah Goes To Semarang
Pamflet PKPT IPNU-IPPNU UM Rihlah Goes To Semarang. (Foto: NOJ/Ist)
Pamflet PKPT IPNU-IPPNU UM Rihlah Goes To Semarang. (Foto: NOJ/Ist)

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Khittah Wa Khidmah Universitas Negeri Malang (UM) bakal mengadakan 'Rihlah Goes To Semarang'.

 

Kegiatan tersebut mengambil tema 'Wujudkan Ukhuwah dengan Rihlah Nahdliyyah' rencananya akan digelar pada 21-22 Desember 2022 mendatang. Rihlah ini merupakan agenda tahunan di setiap kepengurusan untuk study banding.

 

Salah satu Panitia Rihlah dan sekaligus CO Departemen Pengembangan Organisasi PKPT IPNU Khittah Wa Khidmah UM, As'ad Syamsul Arifin menjelaskan Rihlah PKPT Goes To Semarang adalah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Organisasi yang diadakan satu tahun sekali selama kepengurusan periode 2021-2022.

 

"Yang melatarbelakangi lainnya adalah untuk menjaga ukhuwah antara pengurus, anggota, alumni dan orang-orang NU selain di PKPT IPNU-IPPNU," ungkap As'ad Syamsul Arifin, Kamis (01/12/2022).

 

As'ad membenarkan, bahwa rihlah ini juga diperuntukkan untuk umum. Sesuai dengan tema untuk wujudkan ukhuwah dengan rihlah nahdliyah. Pihaknya ingin merekatkan ukhuwah di akhir-akhir kepengurusan, supaya kelak para pengurus sudah demisioner akan tetap terjalin persaudaraan.

 

"Supaya silaturahimpengurus atau pun anggota tidak berhenti selama kepengurusan saja. Akan tetapi terjalin persaudaraan sepanjang hayat," paparnya.

 

Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester 5 sekaligus mondok di Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) Gading Kota Malang ini mengaku alasan lain kegiatan ini adalah ingin memberikan kesan lain bahwa di PKPT IPNU-IPPNU tidak hanya kita terjun di sekitar kampus saja, namun juga melihat hal-hal yang di luar seperti yang ada di Semarang.

 

"Kami memilih Semarang karena di Universitas Negeri Semarang (Unnes) organisasi maupun kegiatannya dikenal maju. Oleh sebab itu, kami ingin tahy proses kaderisasinya seperti apa. Sehingga kemajuan PKPT di Unnes bisa memberikan dampak yang baik untuk PKPT yang ada di UM," terangnya.

 

Pihaknya berharap, kedepan bisa ke Semarang dengan lancar, bisa mengambil ilmu di PKPT IPNU-IPPNU Unnes. Termasuk bisa menjalin ukhuwah melalui rihlah.

 

"Imbauan kepada kader, marilah ikut rihlah. Kita bersama-sama menjalin persaudaraan sesama NU khususnya. Karena di sini tidak hanya healing-healing semata, melaikan juga kita mengambil ilmu pengetahuan dan pengalaman," tandasnya.

 

Sebagai informasi, Jadwal pendaftaran 29 November hingga 15 Desember 2022. Biaya transportasi Rp 190 ribu include tiket masuk wisata, makan 1 kali, stiker dan relasi sholih sholihah. Contact person yang bisa dihubungi bisa ke As'ad Samsul Arifin di nomor 085643325925.

 

Sementara destinasi yang akan dikunjungi adalah Masjid Agung Jawa Tengah, ziarah KH Sholeh Darat. Lalu juga ke Lawang Sewu, Kota Lama Semarang, Pantai Marina, Study Banding PKPT Unnes dan Ziarah Sunan Kudus.


Malang Raya Terbaru