• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Matraman

Aksi Filantropi Nahdliyin di Ponorogo Galang Donasi hingga Ratusan Juta

Aksi Filantropi Nahdliyin di Ponorogo Galang Donasi hingga Ratusan Juta
Santunan anak yatim oleh JPZISNU Yayasan Al-Muttaqin Syarif Munggung, Ponorogo bersama sejumlah elemen, (Foto: NOJ/Husnul K).
Santunan anak yatim oleh JPZISNU Yayasan Al-Muttaqin Syarif Munggung, Ponorogo bersama sejumlah elemen, (Foto: NOJ/Husnul K).

Ponorogo,  NU Online Jatim

Momentum Asyuro banyak diperingati banyak kalangan dengan melakukan santunan kepada anak yatim piatu. Hal ini seperti yang dilakukan Nahdliyin di Desa Munggung, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Acara tersebut dipusatkan di Masjid Baitul Muttaqin desa setempat.

 

"Sebelumnya, kami melakukan ajakan berdonasi melalui surat-surat permohonan kepada masyarakat, juga flyer yang ditempel di sejumlah tempat umum serta dibagikan di media sosial. Alhamdulillah, warga sangat antusias," kata Ibrohim, Ketua Jaringan Pengelola Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (JPZISNU) Yayasan Al-Muttaqin Syarif Munggung.

 

Hal tersebut, menurut Ibrohim, membuat banyak kalangan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Di antaranya Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Munggung dan banom, Remaja Masjid Baitul Muttaqin, Karang Taruna, Sinoman Dukuh Tosari, PSHT Rayon Munggung, serta komunitas lainnya.

 

Ibrohim menyebutkan, donasi yang dilakukan oleh warga beragam, sesuai dengan kemampuan dan kesediaan masing-masing. Mulai dari Rp 20 ribu sampai lebih Rp 10 juta.

 

“Dari hal ini akhirnya terkumpul dana sebesar Rp 101.183.000 yang disalurkan kepada 74 anak yatim yang tersebar di Desa Munggung dan sekitarnya,” tuturnya, Jum’at (20/08/2021).

 

Ibrohim mengatakan, bahwa acara dinilai sukses. Hal tersebut berdasarkan adanya peningkatan perolehan dana yang signifikan dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa kepedulian sosial utamanya kepada anak yatim masih sangat kuat meski di tengah pandemi.

 

Kenaikan tersebut, menurutnya, tidak hanya pada total perolehan dana, akan tetapi juga pada jumlah pendonasi dan anak yatim yang diberi santunan. Pihaknya pun mengucapkan banyak terima kasih kepada donatur atas kepercayaan yang diberikan.

 

"Dan kepada panitia yang bertugas, semoga Allah membalas jerih payah yang dicurahkan, serta tetap menjaga amanah dan profesional," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru