• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Matraman

Ansor Ponorogo Gelar Smart Economic Outlook Sikapi Ancaman Resesi

Ansor Ponorogo Gelar Smart Economic Outlook Sikapi Ancaman Resesi
Kegiatan Smart Economic Outlook oleh PC GP Ansor Ponorogo. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)
Kegiatan Smart Economic Outlook oleh PC GP Ansor Ponorogo. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)

Ponorogo, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ponorogo menggelar Smart Economic Outlook. Kegiatan tersebut dipusatkan di Lombok Idjo, Jalan Urip Sumoharjo, Ponorogo, Kamis (13/10/2022).


Ketua PC GP Ansor Ponorogo, Muhammad Ilham mengatakan, tujuan utama dari Smart Economic Outlook adalah silaturahmi dan penguatan ideologi kader Ansor yang bergelut di bidang usaha. Serta, untuk memberikan inspirasi bagi kader Ansorlainnya.


"Karena basisnya kader, maka tentu harus berbeda dengan UMKM lain. Selebihnya, tentu kita berjejaring dan berkomunikasi dengan Perbankan, DPRD Ponorogo, dan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Perdagkum) setempat, termasuk pula dengan akademisi," ujarnya.


Ia mengatakan, kegiata tersebut melibatkan banyak pihak yang berkaitan dengan usaha. Di antaranya, Pemerintah, DPRD Ponorogo, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jatim, tokoh akademisi, dan lainnya.


“Hal ini dilakukan agar dapat terus menggali potensi dan menganalisa peluang usaha yang mampu dikembangkan bersama dalam rangka meningkatkan perekonomian, khususnya kader GP Ansor.” ucapnya.


Sementara Wakil Ketua DPRD Ponorogo, Agus Dwi Prayitno menyebutkan, acara yang diselenggarakan Ansor Ponorogo sangat pas. Apalagi melibatkan perguruan tinggi, politisi dan pemerintah daerah.


"Saya sangat mengapresiasi. Kader GP Ansor yang banyak menggeluti UMKM tentu perlu dikembangkan, lebih-lebih di tengah ancaman resesi," katanya.


Dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada BPR Jatim yang memiliki program pinjaman UMKM dengan bunga ringan. Hal ini, menurutnya tentu bisa dimanfaatkan kader Ansor agar usahanya semakin maju.


"Ke depan barangkali pendataan UMKM lebih dimasifkan lagi. Soal sinkronisasi UMKM nanti kita bisa sambungkan," paparnya.


Diketahui, kegiatan tersebut mengusung tema ‘Membangun Kekuatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Di Tengah Era Disrupsi Teknologi dan Potensi Resesi Ekonomi’.


Matraman Terbaru