• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Matraman

Giliran LAZISNU Ponorogo Bagikan Ratusan Kacamata Gratis

Giliran LAZISNU Ponorogo Bagikan Ratusan Kacamata Gratis
Pemeriksaan kondisi mata guru ngaji, santri dan dhuafa oleh PC LAZISNU Ponorogo. (Foto: NOJ/Arisel WA)
Pemeriksaan kondisi mata guru ngaji, santri dan dhuafa oleh PC LAZISNU Ponorogo. (Foto: NOJ/Arisel WA)

Ponorogo, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ponorogo membagikan bantuan ratusan kacamata gratis. Pemeriksaan mata bagi Nahdliyin yang sudah terdaftar tersebut dipusatkan di ruang pertemuan PT Keraton Agri Nusantara (Toko Istana Tani) Desa Ngasinan, Jetis, Sabtu (06/08/2022).


"Total kacamata gratis ini ada 10.000 yang dibagikan untuk seluruh kabupaten di Jawa Timur. Dan Ponorogo mendapatkan 300 penerima kacamata gratis," kata Thohir Fauzi, Ketua PC LAZISNU Ponorogo.


Dikemukakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari program berbagi 10.000 kacamata gratis untuk guru ngaji, santri dan dhuafa. Acara diinisiasi Pengurus Wilayah (PW) LAZISNU Jawa Timur yang bekerja sama dengan Ikatan Profesi Optometris Indonesia (Iropin) Jawa Timur.


“Dengan dilatar belakangi sistem daring pada pandemi Covid-19 lalu, banyak guru ngaji dan santri yang kesehatan penglihatannya menurun,” kata M Sueb, Wakil Ketua PW LAZIZNU Jawa Timur. 


Dirinya berharap acara yang diselenggarakan dengan melibatkan beragam komponen tersebut manfaatnya dapat dirasakan langsung masyarakat. 


"Pandemi yang lalu mengakibatkan kesehatan berkurang, termasuk dalam penglihatan. Contohnya guru-guru madrasah yang melakukan kegiatan daring," jelasnya.


Selaras dengan hal itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ponorogo, Kiai Fatchul Aziz menambahkan bahwa tugas mulia diemban LAZISNU. Yakni tidak hanya menyejahterakan mereka yang berhak atau mustahik, termasuk dapat menyelamatkan kalangan aghniya atau kaya.


"LAZISNU ini luar biasa tugas utamanya membangun jembatan dan menghilangkan kesenjangan. Sehingga motonya adalah menyelamatkan aghniya atau muzaki dari api neraka dan menyejahterakan mustahik," katanya. 


Ketua Iropin Jawa Timur, Beni Pujo Sayogo menyatakan bahwa kegiatan berbagi kacamata gratis dilakukan dalam rangka ulang tahun ke-50 perkumpulan tersebut. Bahwa akan dibagikan 50.000 buah kacamata secara gratis ke seluruh Indonesia. Sedangkan untuk Jawa Timur mendapat sebanyak 10.000 buah.


"Alhamdulillah kegiatan ini dapat kita selenggarakan berkat kerja sama dengan LAZISNU," pungkasnya.


Tampak bergabung Rais PCNU Ponorogo, KH Sholehan al-Hafidz, Ketua PCNU Ponorogo, Wakil Ketua serta Sekretaris PW NU-Care LAZISNU Jawa Timur, Ketua Baznas Ponorogo, KH Kholid Ali Husni. Juga Pengurus NU Care LAZISNU Ponorogo, Kepala Desa Ngasinan Kecamatan Jetis, serta masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima kacamata gratis dari seluruh kecamatan di Kabupaten Ponorogo.
 


Editor:

Matraman Terbaru