• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Matraman

LPBINU Trenggalek Penggerak Penggalangan Dana Korban Bencana

LPBINU Trenggalek Penggerak Penggalangan Dana Korban Bencana
Pengurus LPBINU Trenggalek bersama sejumlah mahasiswa IAIN Kediri saat melakukan penggalangan dana untuk korban bencana. (Foto: NOJ/ Machan Jazuli).
Pengurus LPBINU Trenggalek bersama sejumlah mahasiswa IAIN Kediri saat melakukan penggalangan dana untuk korban bencana. (Foto: NOJ/ Machan Jazuli).

Trenggalek, NU Online Jatim

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) dan NU-Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah (LAZISNU) Trenggalek serta mahasiswa magang IAIN Kediri menggelar penggalangan dana bencana alam, Rabu (10/02/2021).

 

Khamim Mustofa, anggota LPBINU Trenggalek mengatakan, penggalangan dana ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Durenan. "Kemarin dan hari ini kita tim LPBINU, NU-Care LAZISNU Trenggalek serta mahasiswa magang IAIN Kediri bersama-sama menggalang dana untuk korban bencana alam, erupsi gunung berapi, banjir, dan gempa yang melanda Indonesia," kata Khamim.

 

Baginya, menggandeng LAZISNU karena lembaga yang mengurusi untuk membantu kesejahteraan umat. Serta mengangkat harkat sosial melalui pendayagunaan dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) dan dana-dana Corporate Social Responsibility (CSR).

 

"Hasilnya nanti akan kita kumpulkan ke LAZISNU terlebih dahulu. Dari situ nanti pihaknya mengikuti apakah langsung diberikan ke korban bencana atau disalurkan ke LAZISNU Jatim," jelasnya.

 

Khamim berharap dana yang terkumpul banyak. Sebab korban yang membutuhkan sangat banyak. "Sebagian harta kita kan ada hak orang lain yang tidak mampu. Juga asshodaqotu lidaf'il bala'. Jadi shodaqoh itu juga mencegah adanya bala' atau musibah. Lebih lanjut dalam Surat Al-Baqoroh, istilahnya melaksanakan biar masyarakat bisa membantu ikut andil meringankan dan menyisihkan rezeki yang kita punya," tutur alumni IAIN Tulungagung ini.

 

Ia juga menjelaskan, pihaknya tidak hanya melakukan penggalangan dana secara langsung turun ke lapangan, namun juga bisa melalui transfer.

 

"Kalau ada masyarakat yang ingin transfer, bisa langsung ke NU-Care LAZISNU Trengggalek Nomor Rekening BRI [002] 0177-01-001352-56-8 atau langsung datang kantor PCNU Trenggalek, Jalan Panglima Sudirman No 26 atau depan kantor Bank BCA," papar Khamim.

 

Ia juga memaparkan, selama Pandemi Covid-19 pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan sosial bekerja sama dengan NU-Care LAZISNU Trenggalek.

 

 

"Kalau di wilayah Trenggalek sendiri di musim pandemi sementara ini LPBINU mengupayakan bantuan-bantuan kepada masyarakat yang terdampak. Kita kerja sama dengan LAZISNU sebagai pemegang dana, dan kita sebagai pelaksana lapangan," pungkasnya.

 

Penulis: Madchan Jazuli

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru