• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Matraman

PCNU Tulungagung Segera Bebaskan Lahan NU Center Senilai Rp5,4 Miliar

PCNU Tulungagung Segera Bebaskan Lahan NU Center Senilai Rp5,4 Miliar
Lahan NU Center Tulungagung. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Lahan NU Center Tulungagung. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Tulungagung, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tulungagung bakal memiliki lahan luas guna pembangunan NU Center. Lahan tersebut masih dalam proses pembebasan lahan seluas 1,5 hektare senilai Rp5,4 miliar. 

 

Ketua Panitia sekaligus Katib PCNU Tulungagung, KH Bagus Ahmadi menjelaskan bahwa tanah tersebut masih dibayar uang muka sejumlah Rp500-600 juta. 

 

"Yang sudah terbayarkan sekitar Rp500-600 juta dari totalnya Rp5,4 miliar. Sampai saat ini penggalangan dana sudah mencapai Rp2 miliar lebih. Ada yang sudah kita DP, ada yang masih di panitia," ujar KH Bagus Ahmadi, saat dikonfirmasi, Senin (05/02/2024).

 

Salah satu Pengasuh Pondok Ma'hadul Ilmi wal Amal (MIA) Tulungagung ini mengungkapkan rencana NU Center Tulungagung nanti akan digunakan sebagai pusat kegiatan. Termasuk berbagai macam fasilitas NU, tempat ibadah, hingga pelayanan kesehatan.

 

"Kita juga merencanakan akan membangun rumah sakit di sini, dan balai diklat untuk pengkaderan di lingkungan NU," bebernya.

 

Kiai Bagus menambahkan penggalangan dana dilakukan melalui dua cara. Pertama, melalui voucher NU Center yang sudah terdistribusikan sampai pengurus ranting. Satu voucher seharga Rp50 ribu, ada yang melalui donatur, per 1 meter Rp360 ribu atau per 14 meter persegi Rp5 juta.

 

"Monggo bagi yang para nahdliyyin atau lain yang jika ingin berinvestasi akhirat," terangnya.

 

Ketua Tim 9 Pembangunan NU Center itu berharap agar pembebasan lahan bisa segera selesai. Sehingga akan dimusyawarahkan desain bangunan.

 

"Sesudah itu kita melakukan rembukan bersama nanti bagaimana desain bangunannya," terangnya.

 

PCNU Tulungagung menginginkan untuk memiliki ruang pertemuan representatif bagi NU, maupun melayani masyarakat secara luas. Mulai berbagai kegiatan NU, kemasyarakaran, keumatan dan keislaman ala nahdliyyin dalam satu lokasi.

 

Sementara itu, area persawahan dipilih karena masih cukup luas untuk pengembangan ke depan. 

 

"Ditambah lagi, tanah disini masih cukup terjangkau. Jadi umpama pengembangan Insyaallah masih cukup," tandasnya.


Matraman Terbaru