• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Mei 2022

Matraman

Peduli Kesehatan Perempuan, Fatayat NU Magetan Sosialisasi Pencegahan Kanker Serviks

Peduli Kesehatan Perempuan, Fatayat NU Magetan Sosialisasi Pencegahan Kanker Serviks
Sosialisasi pencegahan kanker serviks yang diadakan PC Fatayat NU Magetan. (Foto: NOJ/ Zainal Abidin).
Sosialisasi pencegahan kanker serviks yang diadakan PC Fatayat NU Magetan. (Foto: NOJ/ Zainal Abidin).

Magetan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Magetan mengandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menggelar acara sosialisasi deteksi dini kanker serviks, Jumat (08/10/2021). Kegiatan ini berlangsung di aula komplek kantor PCNU Magetan Jl MT Haryono Nomor 09 kota setempat.

 

Ketua PC Fatayat NU Magetan, Umi Mudhiroh dalam sambutnya menjelaskan, usia kader Fatayat NU sangatlah rentan terkena kanker serviks karena usia reproduksi. Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan jenis kanker nomor empat yang paling sering menyerang wanita.

 

Kanker serviks menempati urutan kedua untuk jenis kanker yang paling banyak ditemui pada wanita setelah kanker payudara. “Mengingat penyakit ini sangat mematikan, setiap perempuan perlu mengetahui faktor risiko apa saja yang dapat menyebabkan dirinya lebih rentan terkena kanker serviks,” katanya.

 

Lebih lanjut Umi mengajak, apabila ada gejala segera memeriksakan diri. Menurutnya, dengan pemeriksaan lebih awal akan memberikan penanganan yang lebih awal. Apabila penderita baru mengetahui saat sudah dalam stadium yang berat, maka pengobatan akan lebih berat.

 

"Ayo bersama kita jaga kesehatan kita, khususnya untuk perempuan kader Fatayat NU Magetan," pungkas Umi.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber yaitu Suhariyati, Kasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular (P2PTM)-Keswa Bidang P2P Dinkes Kabupaten Magetan.

 

Hadir pula Sekretaris PC Fatayat NU Magetan Pinda Astutik serta anggota dan perwakilan  pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) se Magetan.

 

 

Kegiatan ini bertujuan, untuk mengetahui gejala dan cara pencegahan kanker serviks. Sebab masih menjadi permasalah kesehatan yang mengancam banyak perempuan di Indonesia.

 

Penulis: Zainal Abidin, PCNU Magetan


Editor:

Matraman Terbaru